Servis Rutin Berkala Cek Kondisi Motor Bikin Rasa Mesin Baru

Pemilik motor rasanya penting untuk mengetahui kapan waktunya melakukan servis rutin berkala. Servis rutin berkala menjaga kondisi motor serasa mesin baru. Biasakan untuk melakukan servis motor rutin sesuai jadwal dan jangan tunggu ada kerusakan pada kendaraannya.

Servis motor adalah pengecekan kondisi motor secara rutin yang biasanya dilakukan saat motor sudah mencapai jarak tempuh tertentu.

Servis motor berkala disarankan sesuai dengan acuan kilometer yang ditempuh. Namun bisa juga servis motor berdasarkan acuan bulanan, akan tetapi hal ini dianggap tidak adil bagi sepeda motor. Karena bisa saja motor baru berusia dua bulan servis, tapi jarak tempuhnya sudah lebih jauh dari acuan kilometer.


 Bagian motor yang dicek saat servis rutin berkala, antara lain memeriksa saluran bahan bakar, kondisi mesin, rem, gas tangan, oli mesin, oli gardan, ban dan sebagainya.

Oli Mesin

Oli mesin berfungsi sebagai pelumas, pendingin, dan pelindung mesin. Makanya perlu rutin mengganti oli sesuai jarak tempuh yang tercapai dimana rata- rata pabrikan merekomendasikan penggantian di 2500KM.

Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan / retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000KM / 2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar sih kalo retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli

Oli Gardan

Untuk motor matic wajib rutin ganti oli gardan. Mengingat fungsi oli gardan untuk melumasi gear yang ada di Continuously Variable Transmission (CVT). Waktu penggantiannya menggunakan rumus 2x ganti oli mesin, kemudian baru dibarengi dengan 1x ganti oli gardan.

Busi

Busi berfunsi untuk mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api sehingga mesin dapat menyala. Jika busi tak berfungsi baik, menjadikan motor sulit dinyalakan. Untuk itu diperlukan penggantian busi bila sudah perlu diganti.

Kampas Rem

Keamanan dan keselamatan berkendara menjadi faktor penting yang perlu diperhatikan. Sistem pengereman sangat besar pengaruhnya pada keselamatan. Jika kampas rem sudah tipis, rem pun jadi kurang pakem, dan bisa menyebabkan bahaya kecelakaan. Inilah alasan penting untuk cek kondisi kampas rem disaat servis motor rutin berkala.

Filter Udara

Fungsi filter udara adalah menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran agar jangan sampai ada kotoran yang masuk yang bisa menyumbat sistem injeksi dan karburator.

Kadang filter udara ini bisa dibersihkan atau atau memang harus diganti bila memang diperlukan.

Aki atau Accu

Tegangan pada aki idealnya berada pada 12,3-12,6 Volt dalam kondisi mesin mati. Sementara jika mesin menyala, maka tegangan aki berada pada 13,7 – 14,2 Volt.

Kalau tegangan aki tak sesuai ketentuan tersebut, bisa jadi ada kebocoran atau kondisi terminal berkarat. Kondisi aki harus dipastikan layak untuk tetap bisa menggunakan motor dengan nyaman.

Kondisi Ban

Pemeriksaan ban juga penting lho dan perlu dilakukan secara berkala. Bahkan seharusnya, kamu memeriksa kondisi ban terlebih dahulu sebelum menggunakan motor. Namun pada saat service motor, mekanik akan memfokuskan pemeriksaan pada tekanan udara di dalam ban, kondisi ban secara keseluruhan (bannya gundul atau tidak), dan sebagainya.

Tune up Motor Rutin

Service motor tune up adalah servis rutin yang meliputi pemeriksaan semua komponen, terutama komponen-kompenen yang berkaitan dengan performa motor secara keseluruhan. Pemeriksaan biasanya fokus pada tekanan ban, kondisi lampu, membersihkan karburator (saringan udara), memeriksa tegangan rantai, rem, dan klakson.

Adakalanya tune up disertai dengan ganti oli mesin, ganti oli gardan, atau penggantian sparepart. Mekanik akan mengkonfirmasikan dulu kepada pengguna apabila akan dilakukan perbaikan.

Bengkel Servis Motor Terbaik

Untuk mendapatkan servis yang bagus, kudu mencari bengkel servis motor yang bagus juga. Salah satu bengkel yang bisa diandalkan ada Planet Ban. Di bengkel ini, bisa mendapatkan service motor rasa mesin baru . Hmm… apa itu servis mesin rasa baru?

Servis motor rasa mesin baru dikenal juga dengan sistem servis terpadu. Servis motor ini untuk meng-upgrade atau meningkatkan performa dan ketahanan motor dengan cara yang cepat dan biaya lebih hemat. Pemeriksaan dan perbaikan pada servis motor rasa baru, yaitu bagian vital yang letaknya tersembunyi dan jarang diservis, termasuk jarang dicek dan disetel rutin.

Manfaat Melakukan Servis di Planet Ban?

  • Menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi sehingga dapat meningkatkan performa motor dan memproteksi mesin. Otomatis, mesin jadi lebih awet (motor bandel).
  • Jika dipadukan dengan penggunaan sparepart asli, maka pemakaian menjadi lebih nyaman, tahan lama, mesin dingin dan tarikan enteng
  • Ganti oli cukup setiap mencapai jarak tempuh 5000KM saja (antara 4-6 bulan sekali), sehingga tidak perlu sering ke bengkel dan hemat biaya servis.
  • Kamu bisa ikut memelihara dan menjaga lingkungan hidup karena emisi dan polusi dari motor berkurang.

Bedanya Servis Motor di Planet Ban dengan di Tempat lain

Bila servis di tempat lain, biasanya masih banyak kotoran, debu, dan sisa pembakaran yang tertinggal di beberapa bagian mesin motor. Bahkan sering pula ditemukan kotoran dan debu di blok CVT yang membuat motor jadi terasa berat.

Sementara itu, service motor rutin di Planet Ban, maka seluruh bagian atau part mesin akan dibersihkan hingga seperti baru. Bahkan kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, semuanya bersih dari sisa-sisa pembakaran, debu dan kotoran sehingga terlihat seperti mesin baru.

Service motor di Planet Ban bikin motor seperti punya mesin baru. Hasilnya, tarikan jadi lebih enteng, emisi turun lebih dari 70%, lebih hemat BBM, dan mesin jadi bersih total.

Harga service motor di Planet Ban yang selengkap ini, sangat terjangkau. Untuk service motor injeksi cuma Rp20.000,- service CVT sekaligus rantainya Rp19.500,- service throttle body cuma Rp20.000,-

Sekarang, coba ingat-ingat lagi, kapan terakhir service motor mu?
Apakah bengkel langganan mu sekomplit layanannya seperti Planet Ban?

Pilihan tepat untuk servis motor rutin berkala, bisa ke Planet Ban layanan komplit dan terjangkau agar dapat pengalaman servis motor rasa mesin baru.

Comments

Popular posts from this blog

Panduan Mudah Cara Mengembalikan Indra Perasa dan Indra Penciuman - Anosmia

Posisi Duduk PCX Saat Riding Yang Nyaman Buat Ngegas