Cara Mengatasi Roda Belakang Bergoyang

#TipsOto #Motor #Bengkel

Roda Belakang Bergoyang | Kerusakan ban roda belakang motor yang bergoyang ini bisa terjadi pada motor yang digunakan untuk beban berat atau motor dengan ban tapak lebar.

Gejala ban belakang bergoyang ini bisa dipastikan gejala komponen roda motor mengalami keausan. Kerusakan ini akan mempengaruhi kestabilan berkendara, terutama saat menikung.

Cara menguji keausan komponen roda motor ini dengan menggoyangkan roda ke kiri dan ke kanan, jika memang bergoyang maka sudah saatnya bearing atau laher roda diganti. Akan tetapi, harus dicek pula bos bearingnya juga.

Kadang kala, meski sudah diganti dengan bearing atau laher baru ternyata roda masih bergoyang. Biasa bos leher sudah aus atau plong.

Bila bos laher atau dudukan bearing sudah aus (plong tidak sesak), maka harus bawa ke tukang bubut las dulu untuk di shock ulang (dibuat dudukan bearing lagi sesuai ukurannya). Baca juga artikel tentang Mengenal Ciri Dan Tanda Gear Rantai Aus Harus Diganti.

Sarannya, bila bos laher atau dudukan bearing sudah aus jangan di ganjal dengan potongan kawat serabut atau lempengan seng. Perbaikan roda belakang bergoyang dengan diganjal kawat atau lempengan seng ini hanya bersifat sementara.

Pengalaman saya mengganjal memakai ganjal ini hanya bisa bertahan selama 3 bulan, setelah itu keausan jadi tambah parah. Pemakaian ganjal laher atau bearing ini juga akan membuat putaran velg menjadi tidak mulus (terasa velg ngobeng).

Comments

Popular posts from this blog

Servis Rutin Berkala Cek Kondisi Motor Bikin Rasa Mesin Baru

Panduan Mudah Cara Mengembalikan Indra Perasa dan Indra Penciuman - Anosmia

Posisi Duduk PCX Saat Riding Yang Nyaman Buat Ngegas