Mengatasi Bohlam Lampu Motor Sering Putus

#LampuMotor #KiprokMotor #KelistrikanMotor

Lampu Motor Sering Putus | Fungsi lampu pada sepeda motor memang sangatlah penting apalagi jika sering berkendara di malam hari.

Beberapa keluhan yang sering terjadi pada lampu motor, adalah bohlam lampu motor yang sering putus, baru beberapa hari diganti baru langsung putus lagi.

Sebab bohlam mati mendadak karena usai pakai, kongslet atau masalah pada komponen pedukungnya, yaitu kiprok (rectifier/regulator). Tapi, kalau lampu motor sering mati maka bisa dipastikan penyebabnya adalah kiprok motor.

Karena part ini punya kemampuan membatasi arus listrik yang mensuplai bohlam lampu motor dan juga listrik yang masuk ke setrum ke aki.

Namun biasanya karena mekanik tahunya bohlam motor putus, disarankan agar ganti tanpa melakukan pemeriksaan komponen lain yang terkait.

Bila kerusakan ini dibiarkan, maka lampu motor akan kembali putus lagi dan aki motor pun bisa rusak. Perlu diketahui, bahwa kiprok berfungsi untuk mengatur arus listrik dan membatasi tegangan listrik yang masuk ke sistem kelistrikan motor.

Sedikit penjelasan, sumber arus listrik motor didapat dari lilitan spul arus AC dan besar tegangan berubah-ubah sesuai dengan putaran mesin.

Maka diperlukan alat converter dari arus AC menjadi DC. Selanjutnya arus DC di gunakan untuk charging aki motor dan untuk menghidupkan kelistrikan motor. Alat converter ini sebut kiprok.

Pada dasarnya, komponen utama kiprok motor adalah bridge dioda yang untuk menyearahkan listrik AC. Pada ilmu elektronika, sistem ini disebut sebagai regulator DC.

Untuk mengatasi perubahan naik turun tegangan output kiprok akibat perubahan putaran mesin, maka kiprok di lengkapi dengan limiter tegangan (penstabil tegangan). Penstabil tegangan ini menggunakan IC yang tertanam dalam rangkaian kiprok.

Kenyataan yang terjadi di lapangan, banyak kiprok yang rusak pada bagian limiter tegangannya (penstabil tegangan). Namun, fungsi kiprok sebagai conventer AC ke DC masih berfungsi.

Tanda ciri-ciri kerusakan limiter tegangan, dapat diketahui dari lampu motor yang putus ketika putaran mesin motor pada saat tinggi dan kiprok motor cepat panas. Kerusakan ini lah yang menyebabkan lampu motor cepat mati.

Solusi untuk mengatasi bohlam lampu motor sering putus adalah dengan mengganti kiprok motor. Kalau terdapat gejala kerusakan kiprok motor seperti yang tersebut diatas, maka sebaiknya segera cek dan ganti kiproknya.

Comments

Popular posts from this blog

Servis Rutin Berkala Cek Kondisi Motor Bikin Rasa Mesin Baru

Panduan Mudah Cara Mengembalikan Indra Perasa dan Indra Penciuman - Anosmia

Posisi Duduk PCX Saat Riding Yang Nyaman Buat Ngegas