Mesin Dicat, Jadi Cepat Panas Over Heating

#CatMesinMotor #CatMotorTahanPanas #AirBrushBlokMesin

Mesin Dicat, Jadi Cepat Panas Over Heating | Pengecatan pada mesin memang membuat tampilan lebih terlihat keren.

Warna-warninya serasa tidak membosankan. Selain itu, Mesin dicat membuat bagian jantung motor menjadi nampak segar.

Namun perlu diingat , bahwa pengecatan menggunakan bahan yang asal akan membuat mesin cepat panas over heating. Lantas kenapa jadi cepat panas?

Jika motor tanpa menggunakan radiator, maka mesin tersebut mengandalkan sirip sebagai pembuang panas dibagian blok. Sirip (fin) dihitung berdasarkan mampu lepas panas bahan, luas sirip serta jumlah terpaan anginnya.

Dikalkulasikan dengan jumlah panas yang dihasilkan oleh mesin. Umumnya power tambah besar, jumlah panas yang ditimbulkan juga pasti akan tinggi.

Dengan melapisi permukaan blok dengan cat, mesin dicat maka pori-pori material sirip pun akan tertutup. Padahal bagian itu merupakan salah satu faktor pelepas panas juga, terutama ketika dihembus udara atau saat motor melaju di jalanan.

Agak berbeda kasusnya jika mesin tersebut menggunakan radiator sebagai pendinginan. Tentunya pemukaan silinder dan head silinder tidak memiliki pengaruh apa-apa terhadap terpaan angin.

Karena seluruh panas diserap oleh coolant dan dibuang melalui kisi-kisi radiator. Dengan syarat coolant harus bersirkulasi dengan baik dari mesin menuju radiator dan kembali ke mesin.

Bila mesin dicat, bisa saja ada solusi lain untuk mengatasi mesin cepat panas. Jika ingin tetap menampilkan bagian mesin lebih segar penampilannya, yakni dengan menambahkan oil coolant pada mesin yang masih berpendingin udara.

Kenapa demikian? Sebab setelah ditambahi oil cooler, oli yang bersirkulasi pada sirip-sirip oil cooler akan mempercepat penurunan suhu mesin.

Oli tersebut menyerap panas dan membuangnya pada oil cooler. Sebab kini oil cooler yang medapat terpaan angin dan melepas panas mesin melalui perantara oli tersebut.

Walau demikian, proses pengecatan pada bagian silinder mesin motor dan head silinder alangkah baiknya tidak dilakukan.

Hal ini untuk menghindari dari gejala mesin overheat. Artikel “Mesin Dicat, Jadi Cepat Panas Over Heating” in bersumber dari Tabloid Oto Plus.

Comments

Popular posts from this blog

Servis Rutin Berkala Cek Kondisi Motor Bikin Rasa Mesin Baru

Panduan Mudah Cara Mengembalikan Indra Perasa dan Indra Penciuman - Anosmia

Posisi Duduk PCX Saat Riding Yang Nyaman Buat Ngegas