Fuel Pump Booster Motor, Menaikkan Tekanan Bensin

#FuelPump #FuelPumpBooster #PompaBensin

Fuel Pump Booster Motor | Salah satu cara untuk meningkatkan performa mesin injeksi yaitu dengan meningkatkan tekanan bahan bakar.

Untuk itu, ada 2 cara yang lazim dilakukan yakni memasang fuel pressure regulator (FPR) atau mengganti dengan pompa bensin bertekanan tinggi.

Namun, kedua cara diatas sulit diterapkan pada motor. Pemasangan FPR membutuhkan saluran balik (return fuel), sedangkan pada motor posisi return fuel sudah menjadi 2 dengan fuel pump.

Cara terakhir yakni dengan mengganti pompa bensin dengan tekanan yang lebih besar. Kendalanya belum tersedia fuel pump aftermarket bertekanan tinggi. Lantas bagaimana?

Cara mengatasinya dengan menaikkan tegangan fuel pump dalam batas aman dengan pump booster. Tegangan naik sehingga daya pompa juga turut naik. Kemampuan pompa bertambah sehingga tekanan bahan bakar juga meningkat.

Mungkinkah hal itu dilakukan? Sangat mungkin. Kenapa demikian, salah satu produsen part aftermarket racing mobil merk MSD pun memproduksi dan menjual fuel pump booster. Artinya bahwa alat peningkat tegangan pompa bensin ini ada.

Fuel pump asli dalam keadaan tanpa beban anggap saja bekerja pada tegangan 14V, itu jika kelistrikan tidak memiliki beban listrik lain seperti lampu dan komponen lain.

Jika saat beban penuh pastu turun sekitar 12V. Bayangkan penurunan tekanan bahan bakar yang terjadi.

Untuk itu fuel pump booster motor ini mengatasi pompa bensin agar bekerja pada tegangan 16V. Apapun yang terjadi pada kelistrikan motor, seperti menerima beban dari komponen lain, tegangan kerja tidak akan turun. Tetap pada 16V. Tentunya tekanan bahan bakar pun akan stabil pada angka tersebut.

Harga fuel pump booster motor biasanya dijual berkisar harga 150 ribu. Harapannya dengan tekanan lebih tinggi, debit bahan bakar yang mampu dipompa pun akan lebih banyak.

Sehingga performa mesin pun lebih baik. Artikel “Fuel Pump Booster Motor, Menaikkan Tekanan Bensin” in bersumber dari Tabloid Oto Plus.

Comments

Popular posts from this blog

Servis Rutin Berkala Cek Kondisi Motor Bikin Rasa Mesin Baru

Panduan Mudah Cara Mengembalikan Indra Perasa dan Indra Penciuman - Anosmia

Posisi Duduk PCX Saat Riding Yang Nyaman Buat Ngegas