Jenis Bohlam Lampu Utama Motor Dan Modifikasinya

#LampuUtamaMotor #LampuHalogen #JenisLampuMotor #ModifikasiLampuMotor

Bohlam Lampu Utama Motor | Lampu utama motor merupakan komponen penting saat berkendara malam hari.

Pemilihan bohlam lampu utama motor yang kurang pas, bisa merusak kelistrikan motor dan reflektor lampu. Apabila memodifikasi kelistrikan motor 6V menjadi 12V, maka spesifikasi bohlam lampu pun juga harus di ganti.

Bohlam lampu utama motor ada beberapa jenis. Sebelum modifikasi kelistrikan, sebaiknya lihat jenis lampu motor dulu. Dapat dilihat dari soket bohlam lampu tersebut.

Bohlam lampu motor kaki 1, soket M5

Digunakan pada motor bebek. Seperti Honda grand, Yamaha Jupiter, Yamaha mio dan Honda vario. Lampu motor kaki 1 ini terdapat beberapa daya, 18/18 watt, 25/25 watt,30/30 watt,35/35 watt.

Bohlam lampu motor kaki 2

Digunakan pada motor vespa. Lampu motor  kaki 2 terdapat pilihan daya, 25/25 watt dan 35/35 watt

Bohlam lampu motor kaki 3, soket H6

Digunakan pada motor bebek. Seperti Honda supra, Honda tiger dan Honda GL. Lampu motor  kaki 2 terdapat dua macam pilihan daya yaitu 35/35 watt dan 35/30 watt.

Bohlam lampu motor lubang 3

Jenis lampu motor lubang 3 ini susah di dapatkan di toko sparepart motor. Lampu motor lubang 3 biasanya digunakan pada motor jenis lama, seperti Yamaha rx-king. Lampu motor lubang 3 terdapat dalam ukuran 35/35 watt

Bohlam lampu motor soket H7

Jenis lampu motor H7 sering dijumpai pada mobil. Tetapi, ada juga motor yang menggunakan jenis lampu ini. Motor yang memakai jenis lampu motor H7 mempunyai aki atau accu berkapasitas daya besar.

Penampakannya tergolong lebih kecil dan berfilament 1. Daya lampu motor H7 sebesar 55 watt. Contoh penggunaan lampu ini terdapat pada Kawasaki Ninja 250 & Bajaj Pulsar 220F

Bohlam lampu motor soket H4

Jenis lampu motor H4 sering dijumpai pada mobil. Seperti halnya lampu soket H7, motor yang memakai jenis lampu motor H4 mempunyai aki atau accu berkapasitas daya besar.

Contoh penggunaan lampu ini terdapat pada Honda CBR 250 cc dan CBR 150cc, Bajaj Pulsar 200 NS, Bajaj Avenger series. Daya lampu motor H4 sebesar 60/55 watt.

Bohlam lampu motor soket HS1

Jenis lampu motor ini secara fisik mirip dengan H4, tetapi HS 1 didesain khusus untuk motor dengan daya 35/35 watt. Tidak direkomendasikan motor dengan lampu HS1 diganti dengan lampu motor soket H4.

Bila diganti, akan mengakibatkan reflector lampu menjadi meleleh. Bohlam lampu motor soket HS1 terdapat pada Yamaha vixion, Kawasaki athelete, Bajaj Pulsar series, TVS Apache series.

Bila ingin memodifikasi jenis bohlam lampu utama motor, maka hal yang perlu diperhitungakan adalah jenis lampu motor, kekuatan daya kabel motor, daya listrik aki/accu, dan reflektor lampu.

Idealnya memang saat berkendara di malam hari, cahaya lampu yang terang akan membuat lebih safety dan nyaman. Tapi dalam jangan sampai gara-gara alasan itu, terus memodifikasi lampu motor tanpa perhitungan yang matang.

Comments

Popular posts from this blog

Servis Rutin Berkala Cek Kondisi Motor Bikin Rasa Mesin Baru

Panduan Mudah Cara Mengembalikan Indra Perasa dan Indra Penciuman - Anosmia

Posisi Duduk PCX Saat Riding Yang Nyaman Buat Ngegas