Panduan Cara Budidaya Maggot BSF Terbaru : Dari Proses Awal Hingga Panen

Cara budidaya maggot BSF tidak bau, memang harusnya minim bau. Karena maggot berfungsi untuk mengurai sampah yang menimbulkan bau.

Meski di katakan belatung, sebenarnya maggot tetap berbeda dengan belatung. Belatung biasa hidup pada daging yang telah busuk, sedangkan maggot hidup di bungkil kelapa sawit.

 

Jika pada proses budidaya terdapat bau yang ditimbulkan, bukan karena belatung bsfnya. Tetapi media yang diberikan sebagi pakan maggot atau sampah limbah organik.

Pemilihan Bungkil Berkualitas

Salah satu yang di butuhkan untuk beternak maggot adalah bungkil kelapa. Lalu trik agar moggot tidak menghasilkan bau tak sedap yakni jenis pemilihan bungkil yang terbaik.

Memang untuk pemilihan bungkil yang semakin bagus akan menambah biaya dibandingkan dengan bungkil yang biasa. Tapi inilah salah satu caranya, memilih bungkil kelapa yang bagus dan benar-benar berkualitas.

Pencucian Bersih

Setelah mempunyai bungkil kelapa berkualitas alias bagus, selanjutnya jangan lupa untuk proses pembersihan. Bersihkan bungkil-bungkil yang dengan air bersih dan sebisa mungkin gosok-gosoklah agar tidak ada kotoran yang menempel.

Proses selanjutnya adalah penghalusan bungkil kelapa tersebut, caranya dengan di giling.

Penggunaan Air yang Bersih

Maggot memang nantinya akan di gunakan sebagai pakan hewan ternak atau budidaya. Akan tetapi jika prosesnya seperti pada umumnya tentu menimbulkan bau. Tetapi jika melakukan sedikit trik lain maka bau tersebut tidak sepenuhnya menyengat.

Salah satu cara untuk beternak maggot agar tidak bau adalah penggunaan air bersih. Jangan sampai berfikir karena ini hanya sebuah maggot lalu mengabaikan pemberian air bersih.

Seperti yang di ketahui bahwa untuk menghasilkan maggot maka bungkil di fermentasikan. Nah, disinilah proses yang memerlukan air. Gunakan air bersih dan steril.

Penggunaan Campuran yang Bersih

Bungkil yang di fermentasikan dibantu dengan campuran lainnya seperti ampas yang tidak terpakai lagi. Satu hal yang harus perhatikan, meskipun menggunakan ampas yang tidak di pakai lagi bukan berarti mengambil dari yang sudah basi.

Sebaiknya carilah ampas yang baru saja tak terpakai. Sehingga cara ini tidak menmbulkan bau ternak maggot yang semakin parah nantinya.

Penggunaan Wadah yang Steril

Gunakan wadah sebagai tempat proses fermentasi yang steril. Usahakan sebelum di gunakan wadah telah di cuci bersih dengan sabun. Proses selanjutnya yakni bungkil akan di fermentasikan dalam wadah ini yang perbandingannya bungkil 50% : air 75% serta tambahan ampas.

Proses ini harus terbuka untuk menarik perhatian sang lalat. Tujuannya agar lalat bunga mau bertelur di fermentasi tersebut. Telur lalat inilah yang nantinya akan menetas menjadi larva alias maggot.

Berikan Antibiotik

Tidak ada salahnya mencampurkan sedikit antibiotik di dalam wadah fermentasi maggot agar tidak bau. Antibiotik ini bisa didapatkan di apotek atau pakan hewan dengan harga terjangkau.

Pemberian Vitamin

Campurkan vitamin di dalam fermentasi maggot yang bertujuan untuk memberikan nutrisi serta mengurangi bau tak sedap yang muncul dari ternak ini.

Sehingga maggot pun mendapatkan asupan nutrisi untuk menjadi maggot berkualitas.


Kunci Sukses Budidaya Maggot BSF Tanpa Bau

Lalat BSF tersedia secara alami di alam sekitar kita, Sehingga diperlukan “umpan” untuk mengundang lalat tersebut datang dan berkembangbiak di media yang sudah disiapkan.

Ada juga aplikasi free ebook Panduan Cara Budidaya Maggot BSF Terbaru : Modern Tanpa Bau.

Keunggulan budidaya maggot yaitu tidak bau busuk. Nah, Berikut cara budidaya maggot tidak bau

Pemilihan media

Pemilihan media untuk pakan maggot bsf sangat penting untuk mencegah bau yang di timbulkan oleh proses pembusukan, karena maggot tidak akan langsung mekan habis sampah organik yang kita berikan.

Proses pemilihan sampah di bagi menjadi dua, sampah lunak dan yang keras. Untuk sampah linak bisa langsung di berikan sebagi pakan maggot bsf, sedangkan untuk sampah yang keras, seperti kulit, bonggol kubis bisa dilakukan proses pelunakan dengan cara fermentasi.

Untuk proses fermentasinya cukup mudah, masukan sampah yang keras kedalam plastik atau ember kemudia campurkan EM4. kemudian tutup, tunggu selama 4 sampai 7 hari.

kemudian beikan sebagai pakan maggot, karena setelah mengalami proses fementasi sampah yang keras akan mengalami pelunakan secara alami.

Jika memiliki mesin pencacah, bisa digunakan untuk mencacah sampah organik untuk menggiling pakan manggot.

Kadar air

Pakan maggot yang memiliki kandungan air tinggi beresiko untuk menimbulkan bau pada biopond maggot bsf. Pengurangan kadar air pada media pakan belatung bsf harus dilakukan, dengan cara pemerasan limbah organik.

Seperti ketika kita memberikan buah jambu misalnya, jika sekilo atau dua kilo masih bisa. Namu jika satu karung bagaimana?

untuk mengatasi kadar air yang tinggi, bisa mencampur dengan limbah limbah yang sedikit kadar airnya, seperti daun kol, pakcoy, limbah sayur dari pasar umumnya memiliki kandungan air yang rendah.

Jadi ketika memberikan limbah buah, usahakan campur dengan limbah sayur yang memiliki kandungan air rendah, sehingga kandang tidak bau dan mencegah maggot kabur dari biopond.

Jumlah pemberian pakan

Memberi pakan maggot lebih baik dilakukan secara bertahap, seperti pagi dan sore atau pagi, siang sore. Hal ini ditujuan untuk mencegah bau yang ditimbulkan oleh pakan maggot bsf yang tersisa di kandang pembesan.

Bagaimana jika diberikan sehari sekali, bisa juga. tapi diperlukan proses pengadukan atau pembalikan media di biopond maggot bsf.

Tujuannya supaya media tersebat kesetiap sisi biopond, sehingga maggot dapat menghabiskan seluruh makananan sampah organik di kandang.

Pemberian media pengering

Bagaimana jika media selalu basah dan bau, diperlukan media pengering untuk mencegah bau dan basah pada tempat pembesaran maggot lalat black soldier fly.

Beberapa media yang bisa di jadikan media pengering; dedak, ampas kelapa, serabut kelapa, atau limbah sawit. Bisa juga menggunakan kotoran hewan (kohe) domba.

Fungsi media pengering disini untuk menjaga kadar air di media bipond supaya tetap kering tidak becek yang bisa menimbulkan bau

Nah itu ke 4 cara mencegah bau pada budidaya maggot bsf yang bisa terapkan pada kandang maggot bsf yang dimiliki.

Comments

Popular posts from this blog

Servis Rutin Berkala Cek Kondisi Motor Bikin Rasa Mesin Baru

Panduan Mudah Cara Mengembalikan Indra Perasa dan Indra Penciuman - Anosmia

Posisi Duduk PCX Saat Riding Yang Nyaman Buat Ngegas