Bahan Material Pembuatan Pesawat Terbang

Bahan material pembuatan pesawat sudah menggunakan berbagai jenis bahan logam dan non logam dalam konstruksi pesawat terbang.  Sebuah pesawat terbang harus terbuat dari bahan yang ringan dan kuat. Pada awalnya, pesawat terbuat dari kayu.

Paduan logam ringan dengan kekuatan yang lebih besar daripada kayu dikembangkan dan digunakan pada pesawat sekarang ini. Bahan yang digunakan pesawat pada saat ini dalam konstruksi pesawat terbang diklasifikasikan dalam bahan logam atau bahan non logam.

 Wing material

Bahan logam pesawat terbang

Bahan material pembuatan pesawat terbang dari logam adalah yang paling umum digunakan dalam konstruksi pesawat terbang adalah aluminium, magnesium, titanium, baja, dan paduannya.

  • Paduan

Suatu paduan terdiri dari dua atau lebih logam. Logam dalam paduan yang jumlahnya terbesar disebut logam dasar. Logam lainnya ditambahkan ke logam dasar disebut unsur-unsur paduan. Menambahkan elemen paduan dapat mengakibatkan perubahan pada sifat-sifat logam dasar. Sebagai contoh, aluminium murni relatif lunak dan lemah. Namun, penambahan dalam jumlah kecil atau tembaga, mangan, dan magnesium akan meningkatkan kekuatan berkali-kali aluminium.

Perlakuan panas dapat meningkatkan atau menurunkan kekuatan paduan dan kekerasan. Paduan sangat penting bagi industri pesawat terbang. Paduan menyediakan bahan dengan sifat yang  tidak miliki logam murni.

  • Aluminum

Paduan aluminium banyak digunakan dalam konstruksi pesawat modern. Paduan aluminium sangat berharga karena mereka memiliki rasio strength-to-weight. Paduan aluminium tahan korosi dan relatif mudah untuk dibuat. Karakteristik menonjol dari aluminium adalah ringan.

  • Magnesium

Magnesium adalah logam struktural ringan di dunia. Magnesium berwujud bahan putih keperakan yang beratnya dua pertiga sebanyak aluminium. Magnesium digunakan untuk membuat helikopter. Magnesium resistansi rendah terhadap korosi,  penggunaannya sangat terbatas dalam pesawat konvensional.

  • Titanium

Titanium adalah ringan, kuat, logam tahan korosi. Perkembangan terakhir membuat titanium yang ideal untuk aplikasi di mana paduan aluminium terlalu lemah dan stainless steel terlalu berat. Selain itu, titanium tidak dipengaruhi oleh air laut dan suasana laut.

  • Baja Paduan

Baja paduan yang digunakan dalam konstruksi pesawat terbang dikarenakan memiliki kekuatan besar. Bahan-bahan baja paduan harus mengatasi gaya yang terjadi pada pesawat modern saat ini. Baja ini mengandung persentase karbon kecil, nikel, kromium, vanadium, dan molibdenum. Baja tarik tinggi akan memiliki kondisi stres 50 sampai 150 ton per inci persegi. Baja tersebut dibuat ke dalam tube, batang, dan kabel.

Tipe lain dari baja yang digunakan secara luas adalah stainless steel. Stainless steel tahan korosi dan sangat berharga untuk digunakan dalam kondisi yang berair.

Bahan non logam pesawat terbang

Selain logam, bahan material pesawat terbang dari jenis bahan plastik juga ditemukan dalam konstruksi pesawat terbang. Beberapa plastik ini meliputi plastik transparan, plastik yang diperkuat, komposit, dan bahan serat karbon.

  • Plastik transparan

Plastik transparan digunakan dalam kanopi, kaca depan, dan lampiran transparan lainnya. Diperlukan kehati-hatian dalam menangani permukaan plastik transparan karena permukaanya relatif lembut dan mudah rusak. Pada suhu sekitar 225°F, plastik transparan menjadi lembut dan lentur.

  • Plastik yang diperkuat

Plastik yang diperkuat digunakan dalam pembangunan radome, wingtip, stabilizer tips, cover antena, dan flight control. Plastik yang diperkuat memiliki rasio kekuatan dan berat yang tinggi dan tahan terhadap jamur dan membusuk. Karena mudah dalam pembuatannya, maka cocok untuk bagian lain dari pesawat. Plastik yang diperkuat adalah sejenis bahan sandwich (gbr. 37). Hal ini terdiri dari dua facings luar dan lapisan tengah. Face terdiri dari beberapa lapisan glasscloth, terikat bersama dengan cairan resin. Bahan inti (pusat lapisan) terbuat dari struktur sarang lebah dari glasscloth. Plastik yang diperkuat ini dibuat menjadi berbagai ukuran sel.

  • Composite dan bahan carbon fiber

Pesawat memerlukan bahan tinggi rasio kekuatan dan rasio berat bahan. Pembuatan bahan komposit memenuhi persyaratan khusus ini. Material komposit dibuat dengan menggunakan beberapa lapis bahan ikatan (epoxy grafit atau boron epoxy). Bahan-bahan ini secara mekanis diikat ke substruktur konvensional. Tipe lain dari konstruksi komposit terdiri dari kulit tipis epoksi grafit terikat ke inti sarang lebah aluminium. Serat karbon sangat kuat, serat tipis yang dibuat dengan memanaskan serat sintetis, seperti rayon, sampai hangus, kemudian layering dalam penampang.

Comments

Popular posts from this blog

Servis Rutin Berkala Cek Kondisi Motor Bikin Rasa Mesin Baru

Panduan Mudah Cara Mengembalikan Indra Perasa dan Indra Penciuman - Anosmia

Posisi Duduk PCX Saat Riding Yang Nyaman Buat Ngegas