Apa Saja Toh Tanda Kompresi Bocor Pada Mesin

#Mesin #KompresiMesin #CompressionTester

Tanda Kompresi Bocor Pada Mesin | Kebocoran kompresi bisa diartikan sebagai hilangnya tekanan di ruang silinder ruang pembakaran (combussion chamber).

Tekanan akibat pembakaran BBM ini akan menghasilkan power mesin yang besar.

Namun, apa jadinya bila tekanan kompresi mesin bocor? Tentu saja akan membuat proses pembakaran menjadi tidak sempurna dan tenaga mesin akan ngempos.

Lantas, bagaimana cara mengetahui bahwa tekanan kompresi bocor pada mesin? Bagaimana gejala kompresi bocor pada mesin?

Tanda kompresi bocor dapat diketahui dengan alat ukur atau juga bisa dilihat dari fisik komponennya.

Cara paling gampang untuk mengetahui kompresi bocor dengan menggunakan compression tester. Alat ini cukup ditancapkan di lubang busi, kemudian mesin dislah untuk mengetahui besarnya tekanan kompresi. Bila di bawah angka standar, kebocoran bisa dari ring seher lemah atau bocor dari klep atau klep merembes.

Namun, bagaimana cara mengetahui kompresi bocor jika tidak menggunakan alat ukur? Biasanya mekanik akan melacak kebocoran kompresi mesin dengan cara melihat fisik komponen di seputar ruang bakar.

Salah satu cara mengetahuinya adalah dengan melihat warna elektroda busi. Kalau setingan spuyer dibikin irit tapi masih boros, artinya kompresi di ruang bakar lemah.

Sehingga gas bakar di dalam ruang bakar ada yang tidak ikut terpatik api busi. Mesin pun kerap terjadi knocking. Cara ini juga bisa digunakan sebagai tanda kompresi mesin bocor.

Kebocoran kompresi juga bisa dilacak dari paking head. Dengan memberi tetesan oli untuk menandakan bagian bocor. Kalau ada asap putih atau bergelembung, bisa dipastikan ada kebocoran perpak mesin tersebut.

Penyebab kompresi bocor lainnya bisa disebabkan oleh sitting klep banyak kotoran atau klep bengkok. Bahkan bisa terjadi bila ring seher piston lemah, salah posisi ring piston atau dinding silinder tergores.

Bagi yang masih awam  pada mesin, tidak perlu susah untuk mengetahui kompresi bocor pada mesin. Kerusakan kompresi bocor ini bisa dirasakan efeknya saat motor sedang dipakai jalan.

Biasanya kendaraan yang kompresi mesinnya bocor akan terasa lambat tarikan gasnya meskipun grip gas sudah dibuka penuh. Bahkan putaran mesin saat langsam atau di rpm tinggi pun terkadang hilang.

Cara paling mudah untuk mengetahui kompresi bocor pada mesin adalah bensin menjadi boros dan busi menjadi cepat mati. Dan warna busi hitam pekat.

Comments

Popular posts from this blog

Servis Rutin Berkala Cek Kondisi Motor Bikin Rasa Mesin Baru

Panduan Mudah Cara Mengembalikan Indra Perasa dan Indra Penciuman - Anosmia

Posisi Duduk PCX Saat Riding Yang Nyaman Buat Ngegas