Alasan Kenapa Ban Bocor Lebih Sering Pada Ban Belakang

#BanBocor #BanKempes #BanBelakang

Alasan Kenapa Ban Bocor Lebih Sering Pada Ban Belakang | Ban bocor atau ban kempes mendadak. Kejadian yang pasti banyak orang telah mengalaminya.

Dari sebanyak kejadian ban bocor, paling banyak dialami pada ban belakang.

Banyak benda tajam, terutama yang berserakan jalan seperti paku atau potongan logam. Benda tajam tersebut lebih sering masuk ke ban belakang daripada ban depan.

Hal ini dikarenakan ban depan selalu memposisikannya dengan tepat sehingga menusuk ban belakang. Itulah alasan kenapa ban bocor kempes lebih sering dialami pada ban belakang.

Ini salah satu kronologi kasus paku jarang masuk ke ban depan yang mengakibatkan ban bocor. Ketika terjatuh, sering paku akan jatuh dengan posisi bagian yang tajam mengarah ke arah asal kendaraan, karena kepala paku akan jatuh terlebih dahulu.

Ketika terlindas ban depan, paku akan tegak untuk sementara waktu dengan posisi bagian runcing di atas, dan di waktu yang sama ban belakang akan melindasnya.

Pada musim hujan, kejadian ban bocor oleh paku panjang dan benda tajam ini akan lebih parah. Dalam kondisi ban basah karena hujan, paku dan potongan logam lebih mudah menancap di permukaan karet basah daripada kering

Bagi yang menggunakan motor gambot, ban bocor pada ban belakang bisa sangat memberatkan. Menuntun motor matic atau vespa saat kondisi ban bocor itu menguras tenaga. Motor akan terasa berat di jalankan.

Saran saya, sebaiknya ban belakang menggunakan ban tubeless. Kalau mengalami ban tubeless bocor itu lebih tahan lama kempesnya.

Jadi ada kesempatan untuk menuju ketambal ban sebelum ban kempes tidak ada angin sama sekali.

Comments

Popular posts from this blog

Servis Rutin Berkala Cek Kondisi Motor Bikin Rasa Mesin Baru

Panduan Mudah Cara Mengembalikan Indra Perasa dan Indra Penciuman - Anosmia

Posisi Duduk PCX Saat Riding Yang Nyaman Buat Ngegas