Part Yang Membuat Tarikan Motor Jadi Enteng Responsif

#GasMotor #TarikanMotor #Sparepart

Membuat Tarikan Motor Jadi Enteng Responsif | Terkadang ada juga pengendara motor yang merasa kurang puas dengan performa motor standarnya.

Banyak pengendara motor menginginkan untuk tarikan motor yang enteng dan responsif.

Tentu untu mendapat tarikan motor yang enteng dan resposif membutukan beberapa perubahan pada komponen. Dipasaran, banyak toko onderdil motor yang menyediakan part komponen yang membuat tarikan motor jadi enteng responsif.

Ada banyak cara untuk mendapatkan tarikan motor yang enteng dan responsif. Mulai dari dengan merubah komponen hingga melakukan merubah spesifikasi mesin.

Kalau ada cara yang mudah dan simpel, kenapa harus makai cara yang repot. Di sini ada tips cara bagaimana meningkatkan tenaga mesin agar tarikan mesin terasa enteng dan responsif.

Cara ini sangat mudah dilakukan tanpa bongkar mesin. Caranya cukup hanya mencopot atau mengganti beberapa komponen saja.

Part komponen yang membuat tarikan motor jadi enteng responsif

Lepas filter udara karburator

Fungsinya menyerap partikel debu agar tidak masuk ke ruang bakar. Komponen ini berbentuk busa atau kertas. Dengan mencopot filter udara ini dapat membuat akselerasi awal lebih responsive.

Ganti knalpot

Pelepas gas buang ini sudah umum diganti jika ingin merasakan tarikan motor jadi lebih enteng tarikannya. Namun terkadang suara yg dihasilkan tidak sebanding dengan tenaga yg dihasilkan.

Kalau ingin tetap menggunakan knalpot standar, maka bisa membuang beberapa bagian penyekat yang ada disilencer, agar flow lebih plong.

Ganti ukuran spuyer karburator

Komponen ini ada di dalam motor yg masih menggunakan karburator konvensional. Jika beberapa komponen diatas sudah diganti atau dilepas dari asli bawaan pabriknya, maka akan membutuhkan settingan bensin yang lebih sesuai.

Settingan pasokan bensin dibuat yang pas saja. Indikasi settingan bensin yang pas adalah kepala busi berwarna merah bata.

Ukuran lubang spuyer karburator ini bisa dinaikan atau diturunkan ukurannya, baik pilot jet atau main jet-nya. Tergantung mintanya mesin

Gir rantai

Penyalur tenaga dari mesin ke roda dibutuhkan sebuah perbandingan gir, nah perbandingan gir ini masih bisa dimainkan jika ingin tarikan lebih responsive.

Cukup dengan mengganti ukuran mata gir yang lebih besar pada bagian belakang roda, bisa bikin tarikan lebih responsive. Dengan menaikan 1 sampai 3 mata gir sudah cukup, untuk kondisi jalanan yang sering macet cukup perlu.

Ganti CDI racing

Penggunaan CDI racing juga membuat tenaga motor lebih responsif. Dengan CDI racing akan membuat timing pengapian jadi lebih maju sekian derajat dari standar.

Pilih oli mesin yang cocok

Oli mempengaruhi performa motor. Oli yang encer dan licin membuat mesin jadi lebih ringan bekerja.

Tapi tidak semua mesin pas dengan oli jenis itu, jadi jangan sampai salah pakai jenis oli dan merk yang ada di pasaran.

Comments

Popular posts from this blog

Servis Rutin Berkala Cek Kondisi Motor Bikin Rasa Mesin Baru

Panduan Mudah Cara Mengembalikan Indra Perasa dan Indra Penciuman - Anosmia

Posisi Duduk PCX Saat Riding Yang Nyaman Buat Ngegas