Cek Kondisi Mesin Mobil dari Warna Oli Mesin

#OliMesin #KondisiMesin #GantiOli

Cek Kondisi Mesin Mobil dari Warna Oli Mesin | Saat mekanik melakukan penggantian oli mesin, biasanya ia akan mengamati warna oli mesin yang lama (oli mesin yang akan diganti).

Pengamatan warna oli mesin ini dimaksudkan untuk kondisi kinerja komponen dalam mesin.

Warna oli mesin ini mencerminkan kelayakan dari oli mesin yang digunakan. Beberapa orang dalam melakukan penggantian oli mesin berpedoman pada warna oli mesin ini.

Bila warna oli mesin sudah hitam pekat, maka akan dilakukan penggantian oli mesin.

Sebenarnya penggantian oli berdasarkan warna oli ini salah kaprah. Alangkah baiknya melakukan penggantian oli mesin berkala menurut buku panduan atau buku servis kendaraan.

Selain itu, penggantian oli mesin ini bisa diukur dengan cara menghitung jarak tempuh kendaraan Anda.

Kembali lagi ke warna oli . Secara teknis, warna oli mesin itu menggambarkan kondisi komponen dalam mesin. Ada beberapa warna oli yang biasanya terjadi saat dilakukan ganti oli mesin

Pertama. Warna oli mesin berubah menjadi putih susu. Warna oli ini berarti oli mesin tercampur dengan air. Ini bisa mencerminkan kondisi mesin mobil sedang kurang baik.

Kalau menemukan ini, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan mobil di bengkel langganan secara menyeluruh.

Kedua. Warna oli mesin berubah menjadi hitam pekat. Warna oli ini berarti kendaraan telah menempuh perjalanan yang sangat panjang dengan jarak tempuh yang sudah diambang batas kemampuan oli dalam melumasi dan mendinginkan mesin. Untuk itu, segera lakukan ganti oli mesin baru.

Ketiga. Warna oli mesin berubah menjadi cokelat kekuningan, Warna oli ini berarti mobil telah menempuh jarak kurang dari 1.000 sampai 2.000 km.

Kondisi ini bisa dikatakan sebagai kondisi yang normal. Oli mesin masih layak untuk digunakan. Tidak usah dilakukan penggantian oli mesin.

Cara sederhana untuk mengetahui kondisi mesin mobil dari melihat warna oli mesin di atas merupakan cara sederhana dan bisa dijadikan pertanda kondisi mesin mobil saat ini.

Dan biasanya seorang mekanik mobil pasti akan tahu penyebab perubahan warna oli tersebut.

Comments

Popular posts from this blog

Servis Rutin Berkala Cek Kondisi Motor Bikin Rasa Mesin Baru

Panduan Mudah Cara Mengembalikan Indra Perasa dan Indra Penciuman - Anosmia

Posisi Duduk PCX Saat Riding Yang Nyaman Buat Ngegas