Trend Aksesori Motor Berbahan Kuningan Dan Tembaga

#ModifikasiMotor #TrendModif #AksesoriMotor

Trend Aksesori Motor | Coba mengingat kembali gaya modifikasi 3 hingga 4 tahun lalu. Kala itu berbagai motor khusunya aliran poser mengaplikasi aksesori berbahan stainless steel atau sering disebut pernik monel.

Musim 2015 ini bakal muncul kembali aksesori dengan teknik bubut manual tersebut. Namun berbeda bahan aksesorinya. Aksesori kuningan yang bakal menggantikan monel.

Aksesori berbahan kuningan sudah mulai nampak pada modifikasi motor-motor classic custom. Pada berbagai event, khususnya yang memperlombakan gaya motor lawas, seperti choppy cub atau tracker.

Terdapat dua jenis aksesori kuningan. Pertama adalah mengandalkan besi atau baja kemudian dilakukan proses electroplating. Hasilnya kuningan akan menempel pada besi atau baja yang telag berbentuk sesuai keinginan. Persis seperti cara melapis krom.

Kelemahan proses electroplating ini, kalau prosesnya kurang bagus bakal mudah rusak lapisan kuningannya. Namun ada beberapa modifikator yang lebih nyaman untuk membuat aksesori motor langsung dari kuningan batangan. Tinggal bubut dan poles. Dan katanya ini jauh lebih awet.

Namun electroplating memiliki kelebihan pula. Lebih fleksibel menampilkan bahan kuningan pada setiap bahan logam.

Tak perlu proses bubut yang jelas akan menyulitkan bila ingin mewujudkan sebuah komponen berfungsi khusus, seperti brake atau clutch lever.

Perkembangan teknologi, muncul alat kerja praktis untuk proses electroplating, termasuk bahan kuningan atau tembaga. Misalnya merk Plug N Plate.

Dalam satu set pembelian terdapat larutan elektronik sesuai pembelian, bisa krom, kuningan, tembaga hingga black chrome. Selain itu dilengkapi adaptor sebagai pembangkit sumber arus listrik DC untuk proses electroplating.

Dengan menggunakan aksesori yang terbuat dari kuningan atau tembaga, maka akan memunculkan kesan klasik yang mewah. Artikel “Trend Aksesori Motor Berbahan Kuningan Dan Tembaga” ini bersumber dari Tabloid Oto Plus.

Comments

Popular posts from this blog

Servis Rutin Berkala Cek Kondisi Motor Bikin Rasa Mesin Baru

Panduan Mudah Cara Mengembalikan Indra Perasa dan Indra Penciuman - Anosmia

Posisi Duduk PCX Saat Riding Yang Nyaman Buat Ngegas