Perlu Tahu Manfaat Spooring dan Balancing Mobil

#SpooringBalancingMobil #KestabilanMobil #KakiKakiMobil

Manfaat Spooring dan Balancing Mobil | Banyaknya muncul bengkel spooring dan balancing mobil merupakan akibat berkurangnya rasa kenyamanan berkendara yang terganggu.

Muncul getaran pada mobil. Apalagi getaran mulai muncul saat kendaraan melaju dengan kecepatan 100 km/jam. Atau getaran muncul saat mobil berpapasan dengan bus antar provinsi yang terkenal cepat.

Biasanya getaran terjadi disekitar setir mobil. Setir mobil bergetar. Ini akan terasa saat mobil di salip atau berpapasan dengan kendaraan yang lebih besar. Serasa mobil bergoyal geyal geyol.

Kalau ini terjadi, sebaiknya jangan anggap sepele gejala kerusakan mobil ini. Selain disebabkan oleh getaran pada setir mobil, hal ini juga disebabkan oleh kurangnya spooring dan balancing roda mobil. Ini saling terhubung dengan setir mobil.

Secara otomatis berpengaruh juga dengan kendali gerak mobil, apalagi disaat melaju kecepatan tinggi. Sebaiknya segera bawa ke bengkel spooring dan balancing ban mobil.

Kalau merasakan gejala itu semua, sebaiknya lakukan spooring dan balancing ban mobil. Akan tetapi sebelum melakukan hal itu, cek dulu semua kondisi ban dan velg, suspensi mobil, dan hubungan antar kaki-kaki mobil.

Ban yang tidak seimbang akan membuat setir mobil bergetar pada kecepatan tinggi. Dan dapat merusak suspensi mobil.

Sedangkan mobil yang tidak selaras atau perlu di spooring, gejalanya adalah laju kendaraan membuang ke satu arah (kiri atau kanan). Ini juga terjadi pada saat mobil kecepatan tinggi dan setir mobil bergetar.

Maka dari itu, manfaat spooring dan balancing mobil adalah menyelaraskan dan menyeimbangkan jalannya laju mobil. Cara spooring dan balancing mobil dengan melakukan setting kaki-kaki mobil (roda mobil).

Selain munculnya getaran pada setir mobil, gejala mobil perlu dilakukan spooring dan balancing dapat dilihat pada fisik ban. Biasanya ke-aus-an ban tidak merata. Spooring berguna untuk meluruskan titip poros ban agar mobil melaju tetap terjaga.

Secara tidak langsung, fungsi spooring dan balancing mobil untuk membuat mobil dapat melaju dengan stabil. Kalau ditanya masalah tarif harga biaya spooring dan balancing mobil, saya belum tahu. Saya belum pernah melakukan ini.

Comments

Popular posts from this blog

Servis Rutin Berkala Cek Kondisi Motor Bikin Rasa Mesin Baru

Panduan Mudah Cara Mengembalikan Indra Perasa dan Indra Penciuman - Anosmia

Posisi Duduk PCX Saat Riding Yang Nyaman Buat Ngegas