Aki Kering Atau Aki Basah, Yang Penting Perawatannya Teratur

#AkiKering #AkiBasah #AkiMotor #AkiMobil #CaraMerawatAki

Aki Kering Atau Aki Basah | Banyak kendaraan sudah yang memakai jenis aki kering (accu sealed). Aki kering ini dipercaya mempunyai kualitas lebih baik dari sebelumnya. Di dalam aki kering, tetap terdapat cairan elektrolit.

Aki kering tergolong jenis VRLA battery (valve-regulated lead–acid battery) yang juga dikenal sebutan sealed battery (Aki disegel). Sampai saat ini, VRLA merupakan jenis aki terbaik.

Perbedaan aki kering dan aki basah terdapat pada cairan elektrolitnya. Kalau aki basah menggunakan cairan accu zuur atau H2SO4. Sedangkan di aki kering memakai cairan elektrolit yang berwarna karatan.

Sebaik-baiknya jenis aki, pasti juga akan mengalami aki lemah atau aki mati. Cara perawatan aki kering, relatif sama dengan cara merawat aki basah. Masa kelayakan aki kering, juga tergantung dari cara perawatan aki kering itu sendiri.

Ciri-ciri aki kering yang masih bisa diperbaiki atau di perpanjang masa pakainya.

  • Pagi hari tidak kuat stater setelah kendaraan jalan, aki kembali kuat untuk stater.
  • Test charging : Aki motor masih dapat menerima input arus listrik sebesar 2,5 – 7 A. Khusus aki mobil 7 – 12 A.
  • Umur aki kering masih dibawah 1,5 tahun

Alat yang dibutuhkan dalam perawatan aki kering.

  1. Obeng min
  2. Lakban atau lem
  3. Charger accu
  4. Suntikan 20 ml bekas tinta printer
  5. Cairan elektrolit (bisa di beli di toko accu atau toko elektronik).

Langkah perawatan aki kering

  1. Cover aki dibuka pakai obeng minus. Lakukan dengan hati-hati jangan sampai tangan terluka.
  2. Buka tutup karet. Simpan jangan sampai hilang.
  3. Masukan cairan elektrolit kedalam suntikan sebanyak 10 – 15 ml, kemudian suntik-kan kedalam lubang-lubang aki sebanyak enam lubang.
  4. Lakukan pengecasan selama 2 s/d 3 jam. Ciri aki kering yang masih bagus, penerimaan input arus listrik 5 – 7 A. Bila kondisi sedang 2,5 – 5 A.
  5. Setelah pengecasan selesai pasang kembali 6 buah tutup karet, kemudian tutup juga cover casing plastiknya, tutup sisi-sisinya dengan lakban. Ventelasinya jangan ditutup.

Mudah kan… Semua kendaraan yang memakai jenis aki kering, maka cara perawatannya juga sama. Cara perawatan aki mobil juga sama dengan cara perawatan aki motor.

Apapun jenis aki yang di pakai, yang paling utama adalah perawatan yang teratur. Mengecek dan merawat  kondisi aki mobil dan motor secara berkala akan memperpanjang masa pakai aki atau accu.

Dengan perawatan aki teratur, aki kering atau aki basah bisa berumur lebih dari 3 tahun. Kebetulan saya memakai aki kering yuasa.

Comments

Popular posts from this blog

Servis Rutin Berkala Cek Kondisi Motor Bikin Rasa Mesin Baru

Panduan Mudah Cara Mengembalikan Indra Perasa dan Indra Penciuman - Anosmia

Posisi Duduk PCX Saat Riding Yang Nyaman Buat Ngegas