DIY: Cara Bersihkan Kabin Mobil Yang Terendam Banjir


Ngeluh mobil terkena banjir. Mobil kebanjiran. Seperti yang ada di Jakarta awal tahun 2020. Ada cara bersihkan kabin mobil setelah terendam banjir yang cukup ampuh. Bisa dilakukan sendiri. DIY asal punya peralatannya untuk bongkar.

Setelah kebanjiran, membersihkan mesin dan kabin interior mobil ini wajib. Jika tidak cepat dibersihkan, bekas air dan lumpur banjir dapat membuat karpet mobil menjadi bau apek dan bisa juga bikin penyebab munculnya karat di bagian bawah mobil.

Sebelum masalah mobil menjadi lebih parah, sebaiknya segera di bersihkan. Kalau memungkinkan, kita bisa melakukan sendiri dirumah. Bersihkan mobil dirumah sendiri.

Cara bersihkan kabin mobil setelah terendam banjir

Pertama, pastikan bagian kabin mobil sudah kering, tidak ada lagi air yang menggenang di dalam kabin mobil. Berikutnya, segera lepas semua karpet mobil dan bersihkan karpet dasar menggunakan air bertekanan dan sabun. Bisa disemprot makai air sabun. Lantas keringkan dengan cara dijemur di bawah sinar matahari sampai kering lho.

Bongkar interior kabin mobil

Begitu juga untuk jok mobil, untuk memudahkan membersihkannya dan mengeringkannya, lebih baik jok mobil dilepas saja dari kabin mobil. Pasalnya bahan jok mobil cenderung mudah menyerap air sehingga tidak cukup hanya dikeringkan dengan hairdryer, karena nantinya masih akan terasa lembab di bagian dalamnya. Jika menggunakan kain pelapis jok juga perlu dilepas dan dicuci supaya bersih dan wangi.

Kedua, selain karpet dan jok, lepaskan juga doortrim pintu untuk memastikan agar semua bagian di baliknya dapat dibersihkan dan kering maksimal. Pintu mungkin relatif mudah dibersihkan karena tidak banyak menyerap air.

Harus dipastikan dalam proses membersihkan kabin mobil yang kena banjir dengan cara ini, juga harus diingat cara melakukan pemasangannya kembali. Harus bisa masang kembali apa yang sudah di lepas. Terima bongkar dan terima pasang.

Ketiga, pastikan semua kabel-kabel sudah kering dan kembali berada di posisinya semula. Cara membersihkan kabin mobil yang terendam banjir ini bisa dijadikan preventif untuk mencegah terjadinya kerusakan mobil setelah kebajiran.

Terakhir, bila masih ada yang dirasa kurang benar, baiknya mobil langsung dibawa ke bengkel resmi saya untuk dilakukan pembersihkan dan pengecekan secara detail dan menyeluruh.

Comments

Popular posts from this blog

Servis Rutin Berkala Cek Kondisi Motor Bikin Rasa Mesin Baru

Panduan Mudah Cara Mengembalikan Indra Perasa dan Indra Penciuman - Anosmia

Posisi Duduk PCX Saat Riding Yang Nyaman Buat Ngegas