Skema Pitot System Pada ADC Dan DADC Pada Pesawat Udara

#PitotSystem #ADC #DADC #SkemaPitot

Skema Pitot System | Untuk pesawat yang lebih besar dengan performa tinggi, system pitot static akan lebih rumit.


Pesawat yang terbang pada ketinggian tertentu, di mana suhu bisa melebihi -50 °F, maka akan berpengaruh pada tekanan udara yang masuk ke pitot tube.

Pada ketinggian ini, aliran udara di sekitar pesawat akan tidak stabil dan berubah-ubah. Hal ini mengakibatkan static pressure pada pitot tube akan tidak konstant.


Static pressure yang tidak konstant akan membuat penunjukan pointer instrumen menjadi tidak akurat. Untuk mengatasi hal itu, instrumen analog akan dihubungkan dengan perangkat Air Data Computer (ADC).

Perangkat ADC ini berfungsi untuk mengendalikan suatu sistem instrument. Output perangkat ADC berupa listrik yang berguna untuk menggerakkan motor servo atau digunakan sebagai input dalam sistem bertekanan, unit kontrol penerbangan, dan sistem lainnya.

Untuk menambah materi, sebainya baca juga tentang Cara Penempatan Pitot Tube Dan Static Port Pada Pesawat Udara agar lebih banyak referensinya bahasan tentang instrument pesawat udara.

Selain perangkat ADC, ada juga perangkat Digital Air Data Computer (DADC). Perangkat DADC digunakan pada pesawat modern. Input dan ootput dari DADC adalah sinyal digital. DADC ini mengolah data dari transduser/ sensor instrument. Output transduser/ sensor instrument analog di konversi menjadi sinyal digital.

Konversi sinyal ke data digital ini untuk memudahkan komputer dalam mengolah dan menampilkan informasi yang lebih akurat. Untuk mengkonversi sinyal analog pada instrument menjadi sinyal digital, menggunakan perangkat Analog to Digital Converter secara terpisah.


Hasil olahan data instrument DADC akan ditampilkan pada layar cockpit pilot menggunakan bus data digital.

Penggunaan ADC dan DADC ini akan mempermudahkan pilot dalam menerbangkan pesawat dan menyederhanakan sistem instrument pesawat.

Comments

Popular posts from this blog

Servis Rutin Berkala Cek Kondisi Motor Bikin Rasa Mesin Baru

Panduan Mudah Cara Mengembalikan Indra Perasa dan Indra Penciuman - Anosmia

Posisi Duduk PCX Saat Riding Yang Nyaman Buat Ngegas