Fuel Flow Indicator Pada Engine Instrument Pesawat Udara

#FuelFlow #Indicator #EngineInstrument #PesawatUdara #FuelMeter

Fuel flow meter | Fuel flowmeter indicator berfungsi untuk mengetahui pemakaian bahan bakar selama engine bekerja. Fuel flowmeter ditunjukan dalam satuan lbs/jam atau Kg/jam.

Instrumen ini pada umumnya dipergunakan pada pesawat-pesawat multi engine yang besar, akan tetapi pada pesawat – pesawat kecil juga kadang-kadang dapat kita jumpai.

Fuel flow indicator ada yang bekerja secara mekanik dan ada juga yang bekerja secara elektrikal. Secara mekanik menggunakan prinsip bourdon tube, sedangkan elektrikal menggunakan transmitter.

Prinsip kerja fuel flowmeter digerakkan secara elektrikal. Fuel flowmeter yang dipergunakan pada piston engine terdiri dari sebuah flowmeter transmitter dan sebuah indicator.

Transmitter ini biasanya dihubungkan dengan saluran fuel yang keluar dari karburator menuju fuel feed valve. Fuel masuk melalui fuel inlet yang diarahkan pada matering vane, yang akan mengakibatkan vane bergerak berputar (swing ) pada porosnya. Apabila gaya yang timbul akibat aliran fuel sama besar dengan tensi dari spring, maka vane akan berhenti bergerak.

konstruksi fuel flow indicator

Dengan berubahnya posisi vane akan mengakibatkan perubahan posisi rotor yang dialiri arus listrik di dalam stator yang berupa coil dihubungkan rangkain elektrinik segitiga.

skema electric fuel flow indicator

Pada stator akan timbul signal yang kemudian dikirimkan ke stator dari indicator. Sehingga rotor dari indikator akan bergerak sebesar gerakan rotor transmitter dan apabila sudah sama akan berhenti pada posisi tersebut.

Rotor dari indikator ini dipergunakan untuk menggerakkan pointer dan memberikan penunjukkan pada skala yang sudah dikalibrasikan menjadi jumlah bahan baker yang mengalir setiap jam.

Baca juga bahasan materi tentang Fuel Quantity Indicating System Pada Instrument Pesawat Udara yang merupakan masih bagian dari topik bahasan materi tentang engine instrument pesawat udara.

Comments

Popular posts from this blog

Servis Rutin Berkala Cek Kondisi Motor Bikin Rasa Mesin Baru

Panduan Mudah Cara Mengembalikan Indra Perasa dan Indra Penciuman - Anosmia

Posisi Duduk PCX Saat Riding Yang Nyaman Buat Ngegas