Flaps Position Indicator Pada Auxilliary Instrument Pesawat Udara

#FlapsPosition #Flaps #Auxilliary #Miscellaneous #Instrument #PesawatUdara #PesawatTerbang

Flap position indicator | Position indicator seperti flap position indicator dan landing gear indicator pada pesawat terbang adalah penunjukan tidak langsung dari suatu gerakan mekanis.

Flaps position indicator berfungsi untuk menunjukkan posisi flaps pada pesawat terbang, sehingga penerbang dapat melihat posisi flaps melalui indicator yang berada di cockpit (flaps merupakan auxilliary flight control system dalam pesawat terbang).

flap position indicator

Penunjukan indicator dinyatakan dalam persen (%) dimana 100 % berarti flap bergerak sebesar 30 derajad plus minus 2 drajad down. Flap switch lever mempunyai tiga posisi UP – OFF – DOWN.

Gerakan flaps dikontrol oleh sebuah motor flaps yang menggunakan arus listrik DC. Suatu sistem flap position indicator terdiri dari transmitter, indicator dan kabel-kabel penghubung arus listrik yang dipergunakan untuk menjalankan system ini diambil dari system listrik pesawat itu sendiri.

Transmitternya terdiri dari sebuah gulungan tahanan yang melingkar dan contact arm yang dapat berputar, contact arm berputar pada poros di tengah-tengah gulungan tahanan dimana kedua ujung dari arm ini digerakan oleh gerakan flap melalui penggerak-penggerak mekanis, gerakan flap menyebabkan poros transmitter berputar, sehingga contact arm berputar dan arus listrik dapat mengalir melalui dua titik di sekeliling gulungan.

cara kerja flap position indicator

Bilamana ada perubahan arah medan magnet akibat perubahan posisi contact arm, maka polarized motor dari indicator akan berputar dan meluruskan diri dengan posisi medan magnet yang terjadi. Maka, dengan demikian rotor akan menunjukan posisi dari transmitter arm, posisi ini dirubah menjadi derajat pergerakan dari flap pada indicatornya di cockpit.

Baca juga artikel yang membahas tentang Landing Gears Position Indicator Pada Auxilliary Instrument Pesawat Udara ya.

Comments

Popular posts from this blog

Servis Rutin Berkala Cek Kondisi Motor Bikin Rasa Mesin Baru

Panduan Mudah Cara Mengembalikan Indra Perasa dan Indra Penciuman - Anosmia

Posisi Duduk PCX Saat Riding Yang Nyaman Buat Ngegas