Angle Of Attack Indicator (AOA) Pada Miscellaneous Instrument Pesawat Udara

#AOA #Indicator #AngleOfAttack #Instrument #Miscellaneous

Angle of attack | Angle of attack indicator berfungsi untuk menunjukkan besar kecilnya sudut serang pada keadaan normal untuk menghindari terjadinya stall, spin dan high sink rate. AOA merupakan rangkaian pengganti dari stall warning system.

angle of attack indicator

Cara kerja angle of attack indicator ini mempergunakan mekanisme yang sejenis dengan electric stall warning vane, akan tetapi vane ini bukan menggerakkan microswitch untuk menyalakan lampu atau menghidupkan buzzer, melainkan vane tersebut digunakan menggerakkan suatu resistor.

konstruksi skema angle of attack indicator

Perubahan arus mengalir karena perubahan harga tahanan resistor, ini akan menggerakkan pointer dari indicator pada keadaan angle of attack yang besar, kecil atau tepat pada posisi normal ataupun dalam posisi climbing.

probe dan slots pada case transmitter pad AOA indicator

Transmitter dari system ini lebih rumit dari pada jenis vane. Probe yang di tempatkan pada aliran udara (air stream) dan dua celah (slots) sebagai jalan masuk udara ke dalam dua buah ruangan pada case transmitternya.

konstruksi skema probe pada case transmitter di AOA indicator

Kedua ruangan ini dipisahkan oleh sebuah paddle yang bergerak, dengan melalui sebuah shaft untuk menggerakkan sebuah variable resistor. Susunan demikian ini menghasilkan gerakan halus (smooth) dari resistor pada setiap angle of attack.

Baca juga artikel yang membahas tentang Stall Warning System Pada Auxilliary Instrument Pesawat Terbang ya.

Comments

Popular posts from this blog

Servis Rutin Berkala Cek Kondisi Motor Bikin Rasa Mesin Baru

Panduan Mudah Cara Mengembalikan Indra Perasa dan Indra Penciuman - Anosmia

Posisi Duduk PCX Saat Riding Yang Nyaman Buat Ngegas