Lubang Static Vents Pada Pesawat Udara

#StaticVent #StaticHole #PitotHead #PitotTube

Static vents | Sebelum terbang, penerbang harus memeriksa static vent. Lubang ini harus selalu terbuka.

Bila static hole tertutup atau tersumbet karena sesuatu hal, maka perangkat instrument altimeter dan vertical speed indicator tidak berfungsi. Untuk itu, penerbang harus memilih sumber tekanan alternate static source.


Bila static pressure atau atmospheric pressure didapat melalui lubang static hole yang ada pada pitot head, maka akan ada udara bertekanan yang masuk melalui lubang static hole tersebut.

Hal ini akan mengakibatkan kesalahan dalam pengukuran, karena udara bertekanan yang masuk bukan murninya static pressure.


Untuk menghindari hal tersebut, static holes tidak lagi berada pada pitot head. Melainkan dipisahkan dan umumnya berada pada fuselage. Static holes yang terdapat pada fuselage disebut sebagai static vent (static port).

Sebaiknya baca juga artikel tentang Pitot Static System Yang Ada Pada Instrument Pesawat Udara untuk menambah referensi materi tentang rangkain instrument pesawat udara.

Cara untuk memperoleh tekanan atmosfir dengan menggunakan static vent jauh lebih baik hasilnya dibandingkan menggunakan static hole yang terdapat pada pitot head. Static vent pada pesawat, umumnya terbentuk dari metal vent plate.

Comments

Popular posts from this blog

Servis Rutin Berkala Cek Kondisi Motor Bikin Rasa Mesin Baru

Panduan Mudah Cara Mengembalikan Indra Perasa dan Indra Penciuman - Anosmia

Posisi Duduk PCX Saat Riding Yang Nyaman Buat Ngegas