Saat Alami Ban Pecah pada Kecepatan Tinggi, Jangan Direm!

#BanPecah #TipsJalanan #TipsMengemudi

Ban Pecah pada Kecepatan Tinggi | Saat mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi, kondisi ban harus diperhatikan. Seringkali terlihat di jalan tol ada peringatan untuk periksa ban mobil.

Saat memacu mobil dengan kecepatan tinggi pada jalan tol, terjadi ban pecah perlu diwaspadai. Ini harus dihindari.

Kejadian ban pecah saat berkendara dengan kecepatan tinggi artinya sudah pernah terjadi dan tentunya sangat berbahaya.

Apa yang harus dilakukan jika mengalami ban pecah pada kecepatan tinggi?

Bersikap tenang

Kejadian ban pecah memang sulit diduga. Bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Kejadiannya pun berlangsung cepat dengan guncangan yang hebat.

Bila mengalami ban pecah pada kecepatan tinggi, langkah pertama yang wajib dilakukan adalah jangan panik. Karena jika panik justru akan melakukan hal-hal yang seharusnya tidak boleh dilakukan yaitu melakukan pengereman secara mendadak.

Jika mendengar ledakan dari ban mobil, jangan langsung panik tapi tetap fokuskan mata ke depan dan kendalikan mobil dengan mengurangi kecepatannya secara perlahan.

Counter steering

Jika ban pecah di bagian depan langsung lepas kopling, kemudian rem dan gas. Modalnya hanya counter steering saja misalnya ban pecah bagian kiri, setir berat kekiri counter ke kanan begitu pula sebaliknya.

Mempertahankan laju kendaraan

Hal lain yang dapat lakukan saat ban depan pecah adalah berusaha mempertahankan laju kendaraan dan mengurangi kecepatan kendaraan dengan melepaskan kaki dari pedal gas secara perlahan. Jangan langsung melepaskan injakan pedal gas.

Setelah kecepatan mobil berkurang, lakukan engine brake untuk membantu menahan laju kendaraan

Rem secara perlahan

Ban pecah bagian belakang biasanya relatif mudah di kendalikan, malah kadang-kadang tidak terasa. Akan tetapi saat mengerem dan terjadi ban belakang pecah, maka laju kendaraan akan melintir kemana-mana. Jika tetap melakukan pengereman secara mendadak, maka dapat menyebabkan kecelakaan.

Menjaga keseimbangan kendaraan

Untuk menjaga keseimbangan kendaraan ini butuh pengalaman mengemudi yang mumpuni. Mengurangi gas secara perlahan dan bertahap dapat menyeimbangkan kendaraan. Usahakan untuk mengurangi beban pada ban yang pecah.

Baca juga : Tips Berkendara Dan Mengemudi di Jalan Tol

Hal yang dilarang saat mengalami ban pecah pada kecepatan tinggi

Jangan injak rem secara mendadak. Pengereman mendadak akan memindah bobot mobil kedepan dan setir akan semakin menarik kearah ban pecah yang dapat menyebabkan mobil terbalik.

Biasanya mobil atau bus yang mengalami pecah ban di jalan tol, maka kendaraannya akan dibiarkan melaju jalan terus sembari berjalan ketepi sampai kendaraan berhenti sendiri. Ini cara aman untuk mengatasi pacah ban.

Comments

Popular posts from this blog

Servis Rutin Berkala Cek Kondisi Motor Bikin Rasa Mesin Baru

Panduan Mudah Cara Mengembalikan Indra Perasa dan Indra Penciuman - Anosmia

Posisi Duduk PCX Saat Riding Yang Nyaman Buat Ngegas