Ketahui Penyebab Rem Mobil Tidak Pakem Sebelum Mengemudi

#RemMobil #Otomotif #SafetyDrive

Penyebab Rem Mobil Tidak Pakem | Saat berkendara di jalan, rem mobil merupakan hal yang penting. Rem mobil ini untuk menjaga keselamatan berkendara. Jadi, rem mobil harus tetap pakem dan dapat bekerja normal.

Komponen rem mobil ini memang jarang tersentuh oleh bengkel. Hanya bila merasakan kerusakan saja baru diperbaiki oleh mekanik. Kerusakan rem mobil ini menyebabkan pengereman mobil tidak pakem.

Secara teknik, penyebab rem mobil tidak pakem itu banyak penyebabnya. Kerusakan rem mobil seperti master rem atas bocor dan booster atau servo rusak juga bisa bikin rem kurang pakem.

Untuk memperbaiki kerusakan tersebut, perlu tahu penyebabnya dulu yang otomatis harus tahu juga fungsi komponen rem mobil tersebut.

Penyebab rem mobil tidak pakem

Master hidrolik rem bawah macet atau bocor

Posisi master rem yang macet akan membuat piston rem tidak sempurna mendorong kanvas rem dan akan membuat rem tidak pakem bahkan ngelos (tidak maju menekan). Kondisi ini juga biasa ditandai dengan pedal rem bagel.

Selain itu, Jika master rem bocor maka tidak akan ada tenaga untuk mendorong dan juga akan membuat kanvas rem basah dan licin.

Kanvas rem basah atau tipis

Bila mengalami kanvas rem basah, brarti itu terdapat kebocoran pada master rem. Kaliper rem. Jika kanvas rem basah maka akan licin (tidak ada daya cengkram) dan jika kanvas rem tipis atau habis juga bisa akibatkan rem kurang pakem.

Setelan rem kurang tinggi

Kondisi ini bisa terasa di pedal rem yang ketika di injak kurang tinggi atau dalam. Cara mengatasinya dengan menyetel ulang kerapatan kanvas rem di semua roda.

Master hidrolik rem atas rusak atau bocor

Bisa jadi rem kurang pakem akibat master rem atas rusak, bisa rusak karena seal aus atau bocor. Kalau kondisinya seal aus, terlihat di permukaan tabung minyak rem ketika di injak dan di kocok dua kali minyak rem tidak turun malah kembali keatas permukaanya.

Jika master hidrolik rem bocor maka akan terlihat ada kebocoran diantara master rem dan servo atau booster.

Sedangkan bila menemui tidak terdeteksinya ada kebocoran, namun volume minyak rem sering berkurang, maka itu bisa jadi minyak rem masuk ke booster atau servo. lama kelamaan akan membuat rem bagel.

Baca juga : Cara Sederhana Untuk Merawat Dan Cek Rem Mobil

Booster rem atau servo rusak

Kerusakan pada servo akan membuat rem bagel ketika di injak, penyebabnya bisa akibat kemasukan minyak rem akibat kebocoran seal master rem atas, kebocoran seal servo, atau kebocoran selang vacum servo.

Sebagai penanda bila terjadi kebocoran selang vacum dan seal servo, biasa terdengar bunyi desis udara baik ketika di injak atau ketika mesin hidup.

Selang saluran minyak rem dan selang fleksibel mampet

Jika selang-selang ini mampet, tentu akan membuat rem kurang pakem atau bahkan ngelos jika mampet semua. Ciri-ciri kerusakan selang mampet adalah ketika niple pembuangan angin minyak rem dibuka, minyak rem tak mau keluar.

Untuk memperbaiki itu semua sebaiknya harus di cek secara keseluruhan. Cek semua sistem pengereman mobil.

Untuk mengetahui kerusakan komponennya, bisa di cek dengan berdasarkan point-point penting penyebab rem mobil tidak pakem di atas. Saat memperbaikinya, sebaiknya sekaligus untuk membersihkan komponennya.

Comments

Popular posts from this blog

Servis Rutin Berkala Cek Kondisi Motor Bikin Rasa Mesin Baru

Panduan Mudah Cara Mengembalikan Indra Perasa dan Indra Penciuman - Anosmia

Posisi Duduk PCX Saat Riding Yang Nyaman Buat Ngegas