Alasan Mesin Mobil Susah Di Starter Saat Di rel Kereta Api

#MobilMogok #RelKeretaApi #MobilMati

Mesin Mobil Susah Di Starter Saat Di rel Kereta Api | Pernah mendengar berita mobil yang tertabrak kereta api? Apakah pernah juga mendengar mesin mobil tiba-tiba mendadak mati saat melintas di rel kereta api?

Apakah juga pernah melihat pengemudi atau pengendara kendaraan yang kesulitan menyalakan kembali mesin kendaraannya tersebut?

Hal tersebut di atas memang sering terjadi pada kendaraan bermotor saat di lintasan kereta api. Bukan karena pengemudi yang gugup sehingga tak bisa menghidupkan mesin kendaraannya kembali.

Akan tetapi hal itu karena adanya pengaruh gesekan antara roda kereta dengan relnya.

Lantas, bagaimana cara mengatasi mobil mendadak macet di tengah rel kereta api

jika mengalami mesin kendaraan tiba-tiba mati di atas perlintasan rel kereta api, maka hendaklah penumpangnya segera keluar dan mendorong kendaraan tersebut. Jika tidak, akan sangat fatal dan membahayakan jika kereta segera lewat.

Dan jangan pernah berusaha menghidupkan mesin kendaraan tersebut. Keluar mobil dan segera dorong kendarannya keluar lintasan rel.

Kalaupun tidak sempat mendorongnya, setidaknya si pengmudi/pengendara sudah berada diluar kendaraan dan bisa sewaktu-waktu lari secepat mungkin untuk menghindarinya.

Apa pengaruhnya mesin kendaraan dengan rel kereta api.

Mesin kendaraan bermotor susah dihidupkan karena adanya impedansi yang ditimbulkan oleh pergesekan roda kereta api dan relnya (kemagnetan dan GGL induksi listrik).

Impedansi tersebut bisa mengakibatkan mesin mobil/motor yang mati sulit menyala kembali.

Kejadian itu terutama berpengaruh pada mobil/motor atau kendaraan yang berbahan bakar bensin, meskipun kendaraan berbahan bakar solar juga tidak menutup kemungkinan untuk itu.

Penyebab mesin mobil dan motor susah di starter saat di lintasan kereta api

Pada kendaraan bermotor, pada bagian starter mesin digerakkan oleh dinamo. Pada dinamo ini menggunakan prinsip medan magnet untuk menggerakkan mesin mobil atau motor.

Nah, dinamo starter ini akan terganggu kerjanya oleh impedansi yag dihasilkan oleh rel kereta api. Itu sebabnya mesin susah dihidupkan.

Saat kereta api masih berjarak 1,5 KM dari lokasi lintasan di mana kendaraan bermotor itu mati mendadak, maka itu sudah bisa terkena pengaruh impedansi rel kereta api.

Comments

Popular posts from this blog

Servis Rutin Berkala Cek Kondisi Motor Bikin Rasa Mesin Baru

Panduan Mudah Cara Mengembalikan Indra Perasa dan Indra Penciuman - Anosmia

Posisi Duduk PCX Saat Riding Yang Nyaman Buat Ngegas