DIY : Begini Lho Cara Reset ECU Secara Manual

#EcuMobil #ResetEcu #ElektronikaMobil

DIY : Cara Reset ECU Mobil Secara Manual | Mobil keluaran terbaru sudah tertanam ECU di dalamnya. ECU ini mengontrol beberapa settingan komponen dalam mobil.

Pada model ECU terbaru dapat menyimpan karakter mengemudi di memory ECU tersebut. Jadi semacam PID atau AI yang tertanam di ECU dan mempelajari gaya karakter pengemudinya.

ECU mobil akan mendeteksi terjadinya knocking atau nglitik lewat knock sensor dan memundurkan timing pengapian (retard ignition timing).

Derajat retard timing ini yang disimpan di ECU. Timing pengapian semakin maju (advance) akan menghasilkan tenaga yang lebih baik, sedangkan bila mundur (retard) akan menghasilkan tenaga yang kurang; tetapi bila terlalu maju bisa menimbulkan gejala knocking / nglitik, dimana ini tentu tidak baik untuk mesin bahkan merusak.

Banyak hal yang membuat mesin kita menjadi glitik seperti kotor, busi sudah lemah dsb. Meski demikian ECU termasuk pintar sehingga dia dapat mengadaptasi perubahan (tentu dalam tolerasi range tertentu) supaya mesin tetap aman tanpa gelitik.

Kalau kita melakukan “tune up” diharapkan kondisi mesin kembali prima, sayangnya ECU tidak serta merta mengadaptasi perubahan tersebut akibat ECU menyimpan catatan retard timing.

Salah cara untuk menghilangkan catatan retard tersebut hilang dan setting timing kembali ke standard pabrikan adalah dengan mereset ECU mobil.

Dengan mereset ECU ini bisa dijadikan cara untuk menghilangkan suara knocking ngelitik pada mesin mobil. Namun juga bisa sebaliknya.

Apabila sebelumnya ECU sudah banyak melakukan retard timing maka bisa jadi dengan mereset ECU kita akan merasakan efek tenaga.

Namun bila ternyata kondisi mesin tidak memungkinkan untuk timing kembali ke standard pabrikan (masih penuh kerak dsb) bisa jadi malah kita lebih sering mendengarkan bunyi knocking dan tentu si ECU mulai mencatat lagi berapa derajat timing pengapian mesti dimundurkan.

Cara reset ECU mobil secera manual adalah dengan melepas kabel negatif pada Aki selama beberapa menit, mungkin minimal 30 menit. Cara ini jangan dilakukan pada mobil Eropa, karena konon katanya ada prosedur khusu untuk penggantian aki (accu).

Selain dengan cara melepas kabel negatif tersebut, sebenarnya ada cara yang aman. Cara mereset ECU ini hanya dengan mematikan sementara ECU OFF (mobil tidak bisa distater) akan tetapi alarm tetap ON.

Sebagai contoh cara mereset ECU mobil Aerio / Next G

  • Buka pintu supir, di sebelah kanan setir agak kebawah terdapat kotak fuse. Buka penutupnya, akan nampak deretan fuse. Pada pojok kiri bawah dari kotak yang terbuka tersebut terdapat semacam “pinset” dari plastik, silahkan cabut saja. Itu adalah fuse puller.

Dalam kotak hitam persegi panjang terihat plastik berwarna biege dan ada plastik hitam di atasnya; plastik biege tersebut adalah penutup kotak fuse di kabin sebalah kanan supir, dan plastik hitam itu adalah fuse puller yang tersimpan di dalamnya

  • Berikutnya buka kap mesin. Perhatikan kotak hitam di belakang aki. Terdapat dua kotak hitan (persegi panjang dan bujursangkar). Buka penutup kotak yang persegi panjang.
  • Cabut fuse biru menggunakan fuse puller (15 Ampere – ada angka 15 di atasnya), fuse ini adalah fuse no 2 dari tengah. Soket putih di bawahnya adalah soket asal fuse tersebut terpasang.
  • Diamkan dalam posisi tercabut selama 15 menit dan setelah selesai baru memasang kembali. Jangan lupa fuse puller kembalikan ke tempat semula.

Comments

Popular posts from this blog

Servis Rutin Berkala Cek Kondisi Motor Bikin Rasa Mesin Baru

Panduan Mudah Cara Mengembalikan Indra Perasa dan Indra Penciuman - Anosmia

Posisi Duduk PCX Saat Riding Yang Nyaman Buat Ngegas