Apa Itu Engine Knocking (Mesin Ngelitik) Dan Penyebabnya

#EngineKnocking #MesinNgelitik #Otomotif

Engine Knocking (Mesin Ngelitik) Dan Penyebabnya | Pernah dengar suara mesin ngelitik? Dalam istilah teknik, suara ini disebut sebagai knocking.

Knocking dikenal juga dengan istilah ‘Detonation’ (Detonasi) juga “Engine Knocking”.

Knocking bisa dikatakan gejala umum yang bisa dialami oleh semua kendaraan baik motor atau mobil dengan segala usia dan jenis.

Ciri-ciri terjadi engine knocking adalah munculnya suara ngelitik pada mesin yang cukup keras disertai munculnya getaran mesin dengan irama yang sama dengan suara tersebut.

Suara dan getaran knocking ini muncul akibat bahan bakar dalam ruang bakar sudah terbakar dan meledak terlebih dahulu sebelum waktu penyalaan yang semestinya. Atau bisa disebut juga ‘penyalaan mula’ atau ‘penyalaan sendiri’ (Pre-ignition atau auto-ignition).

Penyalaan atau terbakarnya bahan bakar lebih maju ini membuat siklus pembakaran menjadi tidak tepat. Seharusnya penyalaan bahan bakar terjadi hanya satu kali dalam tiap siklus dan terjadi pada waktu yang tepat.

Penyalaan awal ini membuat bahan bakar tidak terbakar dan meledak hanya satu kali, melainkan beberapa kali dalam satu siklus. Hal ini menimbulkan suatu gelombang tekanan dan meningkatkan tekanan dalam ruang bakar secara drastis. Menimbulkan suatu getaran dan suara yang sangat khas.

Penyebab knocking selalu berhubungan dengan bahan bakar yang terbakar itu sendiri. Knocking bisa disebabkan karena oktan bahan bakar yang terlalu rendah ataupun karena tekanan dan temperatur ruang bakar terlalu tinggi.

Jadi memang harus memilih bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan itu sendiri. Memilih bahan bakar sesuai dengan rasio kompresi mesin.

Jadi, engine knocking itu belum tentu sebagai gejala kerusakan pada mesin. Contohnya bila saringan udara karburator telah kotor juga bisa menyebabkan knocking pada mesin motor. Begitu juga dengan mesin mobil juga bisa mengalami hal tersebut.

Comments

Popular posts from this blog

Servis Rutin Berkala Cek Kondisi Motor Bikin Rasa Mesin Baru

Panduan Mudah Cara Mengembalikan Indra Perasa dan Indra Penciuman - Anosmia

Posisi Duduk PCX Saat Riding Yang Nyaman Buat Ngegas