Tips Jitu Bagi Yang Telat Bayar Pajak Kendaraan

#PajakKendaraan #BayarPajak #PajakMotor

Tips Jitu Bagi Yang Telat Bayar Pajak Kendaraan | Kadang, banyak orang lupa untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan.

Bahkan tak jarang dari mereka yang telat untuk membayar pajak kendaraan setelah lewat dari masa tanggal yang tertera di surat kendaraan pribadi.

Hal ini yang terkadang membuat pemilik kendaraan bermotor mudah panik dan tak tahu langkah yang harus diambil jika telat membayar pajak kendaraan bermotor.

Namun bila mengalami telat bayar pajak kendaraan, maka janganlah resah dan panik. Ada tips jitu bagi yang telat bayar pajak kendaraan.

Perlu diketahui bahwa ada dispensasi hari bagi yang telat melakukan pembayaran pajak. Tapi dispensasi hari ini hanya berlaku untuk satu hari kerja.

Langkah awal biasanya masih ada toleransi satu hari kerja untuk keterlambatan pembayaran pajak kendaraan yang diberikan Pemerintah.

Misalnya jika pembayaran jatuh tempo pada tanggal 1, maka masih ada toleransi untuk menyelesaikan pembayaran hingga tanggal 2 dan denda baru akan berlaku mulai tanggal 3. Namun jika masa berlaku habis pada hari Sabtu, maka denda baru diberlakukan pada hari Selasa.

Lantas, berapa rupiah besarnya denda telat bayar pajak kendaraan ?

Cara menghitung jumlah denda yang harus dibayar saat warga telat membayar denda kendaraan bermotor sesuai dengan lamanya telat waktu pembayaran.

  1. Jika masa toleransi satu hari kerja tersebut diabaikan oleh wajib pajak, maka denda akan diberlakukan sebesar 25% dari pokok pajak. Namun jika lebih dari sebulan tidak dibayarkan, maka pemilik akan dikenakan denda tambahan sebesar 2 persen dari pokok pajak per bulannya.
  2. Pemerintah akan memberikan denda maksimal sebesar 48% atau tidak dibayarkan selama dua tahun, artinya jika lebih dari dua tahun tidak dibayarkan, maka besaran dendanya tetap 48 persen. Denda ini berlaku sama untuk kendaraan roda dua dan roda empat.

Bagaimana? Bila tidak ingin bayar denda telat bayar pajak kendaraan, maka bayarlah pajak pada waktunya. Pembayaran pajak kendaraan bisa dilakukan mulai sebulan sebelum jatuh tempo pajak yang harus dibayarkan.

So, banyak waktu kan untuk bayar pajak kendaraan. Dan lagi sekarang sudah ada layanan mobil bus keliling STNK yang siap melayani pembayaran pajak kendaraan hingga malam hari.

Comments

Popular posts from this blog

Servis Rutin Berkala Cek Kondisi Motor Bikin Rasa Mesin Baru

Panduan Mudah Cara Mengembalikan Indra Perasa dan Indra Penciuman - Anosmia

Posisi Duduk PCX Saat Riding Yang Nyaman Buat Ngegas