Tips Cara Mengatasi Untuk Menghentikan Mobil Rem Blong

#RemMobil #SafetyDrive #TipsJalanan

Tips Cara Mengatasi Untuk Menghentikan Mobil Rem Blong | Salah satu penyebab kecelakaan adalah rem blong atau rem mobil ngempos.

Disisi lain, sering kali pengemudi baru menyadari rem tidak berfungsi dengan baik ketika mobil sudah berjalan.

Dalam keadaan mobil rem blong, pengemudi harus tetap bisa mengendalikan dan menghentikan mobil yang mengalami sistem pengereman tidak berfungsi tersebut.

Lantas, bagaimamana cara menghentikan mobilnya? Itukan rem mobil blong atau ngempos?

Bila mengalami sistem rem mobil blong yang tiba-tiba tidak berfungsi, ikuti saja tips bagaimana cara mengatasi untuk menghentikan mobil rem blong.

Jangan panik

Secara psikologi, kepanikan itu adalah sesuatu hal yang berbahaya dan membuat orang tidak bisa berpikir.

Nyalakan lampu hazard dan klakson

Langsung saja tekan tombol lampu hazard dan klakson agar kendaraan sekitar anda tahu kalau anda sedang bermasalah dan dalam keadaan darurat.

Menepi ke bahu jalan

Dengan pelan-pelan namun pasti, arahkan mobil untuk menepi ke bahu jalan. Ini untuk menghindari kecelakaan.

Dengan menepi dan lampu hazard dan klakson menyala, maka kendaraan lain akan mengira bahwa mobil ini mengalami masalah. Kendaraan lain akan otomatis menyingkir.

Injak rem terus menerus untuk memompanya

Tetap tenang dan jangan panic, selanjutnya cobalah untuk menginjak rem dan rasakan. Bila rem terasa lembut dan bisa sampai menginjak lantai mobil, kemungkinan disebabkan oleh kekurangan minyak rem atau mengalami kerusakan fungsi master silinder atau bermasalah pada bagian kaliper rem.

Langkahnya untuk mengatasi masalah ini adalah dengan terus menerus memompa rem untuk mengembalikan tekanan rem. Lakukan hal ini meskipun kendaraan anda telah dilengkapi teknologi anti- lock breaking system (ABS).

Namun bila merasa pedal gas terasa keras, besar kemungkinan ada masalah pada pedal tersebut, atau ada sesuatu yang mengganjal pedal rem mobil. Coba cari tahu dengan kaki atau suruh penumpang mobil lain untuk sedikit memeriksa.

Lakukan engine break

Untuk memperlambat laju mobil, bisa dengan melakukan engine brake. Cara engine breake yakni dengan menurunkan gigi transmisi ke gigi yang lebih rendah. Tapi jangan asal menurunkan gigi transmisi begitu saja, ada tekninya.

Untuk mobil manual, turunkan gigi secara bertahap dengan cepat. Jadi bila transmisi mobil sedang berada di gigi empat misalnya, turunkan gigi secara bertahap ke gigi 3, 2 lalu 1.

Jangan turunkan gigi secara langsung, misalnya dari gigi 4 langsung ke gigi 2 atau 1. Itu bisa membuat mobil kehilangan kendali.

Untuk mobil matic, maka lakukan hal sebaliknya. Turunkan gigi langsung ke tingkat terendah, biasanya gigi 1. Sebaiknya baca juga tulisan tentang Cara Engine Brake Mobil Matic.

Lantas, bagaimana bila cara diatas tersebut tetap tidak bisa menghentikan mobil dalam keadaan darurat ?

Bila itu terjadi, maka harus menggunakan cara ampuh untuk menghentikan mobil rem blong dengan menggunakan rem tangan. Akan tetapi harus hati-hati dalam menggunakannya.

Lakukan hal ini secara perlahan dan jangan mendadak. Karena bila mendadak bisa kemungkinan besar akan kehilangan kontrol atas mobil yang ditunggangi.

Tarik secara perlahan rem tangan sambil terus merasakan gigitan rem itu di kaliper roda mobil. Atur tekanan dalam pengereman darurat ini, bila sudah merasa rem tergigit, pertahankan posisi itu sampai mobil melambat.

Comments

Popular posts from this blog

Servis Rutin Berkala Cek Kondisi Motor Bikin Rasa Mesin Baru

Panduan Mudah Cara Mengembalikan Indra Perasa dan Indra Penciuman - Anosmia

Posisi Duduk PCX Saat Riding Yang Nyaman Buat Ngegas