Tips Touring Motor, Perilaku Yang Aman Saat Berkendara

#Touring #TipsOtomotif #EtikaBiker

Tips Touring Motor | Kalau sudah berkendara di jalan, kadang sifat asli pengendara akan muncul. Di jalan raya, banyak sekali karakter berkendara yang muncul.

Karakter perilaku berkendara ini kadang sudah menjadi kebiasaan bagi si pengendara motor.

Kadang, dalam melakukan touring motor mengabaikan perilaku yang aman saat berkendara. Karakter ini yang harus dihilangkan saat di jalan raya.

Tidak ada salahnya para peserta touring untuk mengikuti aturan lalu lintas. Jangan takut ketinggal dengan peserta touring yang lain cuma gara-gara kena lampu merah.

Tips touring motor untuk berperilaku yang aman saat berkendara

  • Gunakan lampu sein bila akan menyalip kendaraan di depannya dan saat akan mulai masuk ke jalur semula.
  • Jangan gunakan lampu strobo atau sirine. Penggunaan aksesoris begituan terkesan biker yang mau menang sendiri di jalan, Selain itu, penggunaan aksesoris tersebut juga dilarang undang-undang. Tanpa menggunakan peralatan aksesoris tersebut, indentitas agan sebagai biker tetap bisa terlihat oleh pengendara kendaraan yang lain.
  • Gunakan klakson, saat menyalip.
  • Jangan nyalip kendaraan dari jalur kiri, apalagi kalau nyalip mobil. Dengan posisi setir mobil sebelah kanan, blind spot sisi kiri pengemudi mobil yang akan di salip akan lebih luas. Ini alasan kenapa jangan menyalip mobil dari sebelah kiri.
  • Nyalakan lampu dim saat dari jauh ada kendaraan menyalip atau gunakan saat malam hari jika butuh penerang jalan yg cukup luas. Akan tetapi matikan lampu jarak jauh kembali jika ada kendaraan di depan atau dari berlawanan arah.
  • Kontrol emosi saat dijalan raya. Apapun kondisi dan situasi di jalan, tetap kontrol emosi
  • Saat perjalanan touring motor, jangan coba membaca pikiran pengendara lain. Contohnya, di depan ada kendaraan lain yang posisinya seperti akan belok. Tetapi tidak menyalakan lampu sein. Nah, jangan menebak bahwa kendaraan itu akan belok atau kebalikannya seperti pada contoh di atas. Hal ini harus dihindari. Yang harus dilakukan peserta touring adalah tetap one step ahead atau berpikir lebih jauh kedepan sebelum mengambil manuver atau tindakan.

Comments

Popular posts from this blog

Servis Rutin Berkala Cek Kondisi Motor Bikin Rasa Mesin Baru

Panduan Mudah Cara Mengembalikan Indra Perasa dan Indra Penciuman - Anosmia

Posisi Duduk PCX Saat Riding Yang Nyaman Buat Ngegas