Pengaruh Oli Terhadap Performa Mesin Motor

#MesinMotor #OliMotor #OliMesin

Pengaruh Oli Terhadap Performa Mesin Motor | Pada dasarnya, kondisi performa mesin motor dibuat oleh pabrikan dengan kondisi mesin yang baik.

Tentunya juga lolos terhadap serangkaian tes pengujian quality control. Untuk menjaga performa mesin selalu dalam kondisi baik seperti ketika keluar dari pabrikan, salah satunya tentu dengan menggunakan oli yang tepat dan berkualitas.

Semua bagian komponen mesin saling bergerak dan terjadi saling gesek antara satu dengan yang lainnya. Untuk mengurangi efek gesekan antar komponen tersebut, maka diperlukan oli mesin.

Jika komponen mesin semakin rapat atau seret, tetapi kualitas oli kurang bagus, maka mau gak mau bukaan gas harus lebih besar.

Tetapi bila dengan kondisi mesin yang sama dan dengan kualitas oli baik, maka bukaan gas cukup sedikit saja.

Jadi oli yang semakin licin dan tidak putus susunan partikelnya akan lebih baik untuk menjaga performa mesin tetap bagus. Ini merupakan pengaruh oli terhadap performa mesin motor.

Untuk mendapatkan jenis type dan merek oli mesin yang cocok itu butuh banyak pengalaman. Untuk mendapatkan oli yang cocok, biasanya banyak orang memperbandingkan antara merek oli satu dengan yang lainnya.

Memilih oli mesin yang cocok itu butuh pengalaman. Misalnya, yang tadinya memakai oli merek A dan terus ganti oli merek B dan tiba-tiba performa mesin terasa turun atau tarikan gas menjadi lebih berat.

Ini karena karakteristik tiap jenis dan merek oli berbeda dengan yang lainnya sesuai dengan komposisi kimia di dalamnya.

Perbedaan karateristik oli ini mempengaruhi proses keausan komponen mesin. Akibatnya tiap jenis oli menimbulkan tingkat keausan yang berbeda-beda untuk akumulasi waktu yang cukup lama. Inilah yang membuat kondisi keausan komponen setiap mesin akan berbeda-beda.

Comments

Popular posts from this blog

Servis Rutin Berkala Cek Kondisi Motor Bikin Rasa Mesin Baru

Panduan Mudah Cara Mengembalikan Indra Perasa dan Indra Penciuman - Anosmia

Posisi Duduk PCX Saat Riding Yang Nyaman Buat Ngegas