Bagian Kendaraan Yang Harus Di Cek Sebelum Touring Motor

#Touring #CekKendaraan #SafetyRiding

Touring Motor | Perjalanan touring motor rame-rame memang mengasikkan. Entah itu jarak pendek atau jarak jauh, touring motor membutuhkan beberapa persiapan.

Persiapan touring perlu dilakukan untuk memastikan kondisi motor dalam keadaan performa maksimal. Maka dari itu diperlukan beberapa pengecekan kondisi kendaraan yang akan digunakan untuk touring.

Beberapa bagian kendaraan yang harus di cek sebelum touring motor pun sama seperti saat melakukan persiapaan mudik dengan motor atau melakukan perjalanan jauh dengan motor.

Saat persiapan sebelum touring motor, harus dipersiapkan dari segi motor, tubuh, perlengkapan apparel motor hingga cara berkendara di jalanan. Termasuk juga posisi formasi peserta touring itu sendiri saat melaju di jalan.

Beberapa bagian kendaraan yang harus di cek sebelum touring motor

Ban motor

Pastikan kembangan alur ban masih memiliki ketebalan yang baik. Atur ulang tekanan angin, tekanan yg berlebihan juga tidak baik apalagi kalau kurang.

Jangan ambil resiko jika kondisi ban udah kurang baik, lebih baik cepat ganti.

Kontrol kendali motor

Cek komponen yang berhubungan dengan bermanuver. Pastikan tuas kontrol yang masih menggunakan kabel seperti kopling, gas, maupun rem harus berkondisi baik.

Jika sedikit seret dan terasa sedikit janggal periksa dan lakukan penggantian. Kampas rem juga harus diperiksa, jika ketebalan sudah kurang ya wajib ganti.

Lampu motor

Lampu penerangan juga termasuk komponen penting. Pastikan lampu depan baik lampu jauh dan dekat, ampu sein dan lampu rem dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Saran saya, tidak usah menggunakan lampu strobo.

Oli pelumas dan air pendingin radiator

Cek semua komponen yang menggunakan oli pelumas dan cairan air radiator. Contohnya oli mesin, radiator dan minyak rem. Bila perlu, lumasi gear rantai motor.

Chassis kerangka motor

Pastikan bahwa frame atau rangka motor, suspensi, dan rantai dalam keadaan aman dan telah terpasang kuat.

Comments

Popular posts from this blog

Servis Rutin Berkala Cek Kondisi Motor Bikin Rasa Mesin Baru

Panduan Mudah Cara Mengembalikan Indra Perasa dan Indra Penciuman - Anosmia

Posisi Duduk PCX Saat Riding Yang Nyaman Buat Ngegas