2018, Mobil Dilengkapi Black Box Untuk Rekam Kecelakaan

#BlackBox #KotakHitam #KecelakaanMobil

Mobil Dilengkapi Black Box Untuk Rekam Kecelakaan | Tingginya angka kematian akibat kecelakaan mobil menjadikan perhatian serius bagi beberapa produsen mobil di Eropa.

Bahkan, ada wacana pada tahun 2018, semua mobil harus sudah ada black box atau kotak hitam untuk merekam kecelakaan yang terjadi.

Seperti yang dilansir dari Daily Mail, aturan mobil dilengkapi black box ini rencananya akan mulai diterapkan pada 2018 mendatang.

Namun kotak hitam ini tentu berbeda dengan yang ditanamkan pada pesawat terbang. Kotak hitam pada mobil ini memiliki teknologi eCall.

Tujuan dari mobil yang dilengkapi dengan black box atau kotak hitam ini dapat menekan angka korban yang disebabkan karena kecelakaan mobil.

Bagaimana cara kerja dengan alat berteknologi eCall pada black box mobil ini ?

Saat terjadi kecelakaan mobil, black box atau kotak hitam ini akan melakukan calling pemanggilan ke petugas medis. Ini akan mempercepat pertolongan pertama pada korban kecelakaan.

Harapannya dengan fast respon dari pertugas medis akan dapat mengurangi korban jiwa.

Selain itu, sistem kerja sensor kotak hitam mobil akan dengan cepat mendeteksi sebuah kecelakaan mobil dan langsung mengirimkan koordinat posisi TKP (tempat kejadian perkara) ke satelit. Dari satelit, koordinat lokasi kejadian akan diterima tim medis.

Lantas, bagaimana penerapannya kotak hitam pada mobil ?

Produsen mobil di Eropa sedang mengembangkan teknologi kotak hitam ini. Saat ini, rencana pemakaian black box pada mobil telah memasuki tahap awal.

Draf aturan mengenai black box lagi dibahas oleh Komite Perlindungan Konsumen dan Pasar dari Parlemen Eropa. Rencananya, aturan pemakaian balck box pada mobil ini akan dapat diterapkan pada Oktober 2017.

Comments

Popular posts from this blog

Servis Rutin Berkala Cek Kondisi Motor Bikin Rasa Mesin Baru

Panduan Mudah Cara Mengembalikan Indra Perasa dan Indra Penciuman - Anosmia

Posisi Duduk PCX Saat Riding Yang Nyaman Buat Ngegas