Tips Merawat Wiper Mobil Dan Cara Membersihkannya

#WiperMobil #MerawatMobil #MusimHujan

Tips Merawat Wiper Mobil | Saat musim hujan tiba, fungsi wiper mobil tentu sangat diandalkan.

Wiper mobil dipasang di setiap kaca depan mobil dengan tujuan untuk membantu pengemudi membersihkan air ketika hujan turun atau debu yang sekiranya menghalangi pandangan pengemudi.

Wiper mobil sejatinya bukan hanya bagian karet wipernya saja, akan tetapi mencakup seluruh komponen yang menunjangnya.

Termasuk komponen bagian wiper yaitu sistem mekanik wiper, dinamo, gigi serta sistem kelistrikannya.

Agar fungsi wiper mobil selalu bekerja optimal, maka perlu merawat wiper mobil dan membersihkannya. Sangat dianjurkan untuk melakukan perawatan rutin terhadapnya. Perawatan rutin, bisa dilakukan dengan berbagai cara sederhana.

Tips merawat wiper mobil dan cara membersihkan wiper mobil

  • Cek kondisi karet wiper, bila ditemukan retakan atau karet sudah lapuk, maka sebaiknya lakukan ganti karet wiper.
  • Saat membersihkan wiper mobil, jangan mengelap pinggiran karet karena di situ terdapat lapisan kimia yang akan menjaga elastisitasnya.
  • Saat wiper tidak digunakan, dianjurkan untuk memasang stand agar karet tidak menempel di kaca mobil.
  • Bersihkan karet wiper dengan cairan khusus pembersih wiper.
  • Tuangkan cairan wiper bersama dengan air ke dalam wadah tampungan air di bawah kap mesin, hal itu akan membantu wiper untuk tidak bekerja secara berlebihan.
  • Periksa secara berkala bagian dari poros wiper. Semprotkan pelumas khusus untuk menjaga agar wiper tetap lancar bergerak. Bisa menggunakan semprotan WD Cleaner

Perlu diketahui bahwa, karet wiper mobil mempunyai batas waktu pemakaian. Masa kelayakan karet wiper memang tidak bisa di pastikan, namun bisa dikenali dari fungsi wiper yang sudah tidak dapat menyapu air dengan baik.

Biasanya kerusakan karet wiper ini menyebabkan masalah wiper mobil seret bergetar saat digunakan. Istilahnya dalam menyapu air kaca kurang keset.

Namun, jika mengalami wiper mobil tidak bergerak atau wiper mobil tidak bekerja dengan baik atau terdapat masalah mekanik, maka sebaiknya segera bawa ke bengkel servis mobil terdekat.

Biasanya penyebab wiper mobil rusak atau wiper mobil tidak jalan dibagian mekanik adalah karena kurangnya perawatan wiper. Sebaiknya pada bagian mekanik yang bergerak pada wiper di beri pelumas atau semprot pembersih.

Agar kinerja wiper mobil dapat normal dan awet usianya, maka lakukan langkah-langkah tips merawat wiper mobil dan cara membersihkannya seperti yang tersebut di atas.

Comments

Popular posts from this blog

Servis Rutin Berkala Cek Kondisi Motor Bikin Rasa Mesin Baru

Panduan Mudah Cara Mengembalikan Indra Perasa dan Indra Penciuman - Anosmia

Posisi Duduk PCX Saat Riding Yang Nyaman Buat Ngegas