Pertolongan Pertama Untuk Mengatasi Mobil Mogok

#MobilMogok #TipsJalanan #Otomotif

Cara Mengatasi Mobil Mogok | Mobil mogok di tengah perjalanan tentu hal yang sangat dihindari.

Kadang kala kejadian mendadak mobil mogok ini bisa terjadi pada semua mobil. Entah itu mobil yang rutin merawat mobil atau yang tidak rutin.

Bagi yang mengerti tentang seluk beluk mesin mobil tentunya tak membuat panik saat mobil tiba-tiba mogok. Tapi bagi yang memiliki pengetahuan minim tentang mesin mobil, tentu ini bisa membuat panik.

Bagi yang awam masalah mesin mobil, jangan panik. Ada cara praktis untuk mengatasi mobil mogok dan mencari tahu penyebab mobil mogok.

Pertolongan pertama untuk mengatasi mesin mobil mogok adalah dengan mengecek komponen accu mobil, busi mobil dan volume bahan bakar. Sebelum memanggil mekanik mobil, pastikan dulu mengecek ketiga komponen tersebut.

Langkah pertolongan pertama untuk mengatasi mobil mogok mendadak di jalan.

  • Periksa volume tangki bahan bakar. Walaupun indikator bahan bakar masih Full, tidak ada salahnya untuk mengecek bahan bakar secara manual.
  • Periksa komponen kelistrikan mobil. Bagian kelistrikan mobil adalah accu mobil dan regulator tegangan pada koil. Mesin mobil akan susah menyala apabila terdapat masalah pada dua komponen ini. Indikasi kerusakannya yaitu apabila mobil susah distarter dan putaran roda timing lambat. Masalah pada koil biasanya terletak pada kabel yang tidak tersambung atau putus. Masalah pada accu mobil dikarenakan accu mobil tidak melakukan charge. Masalah pada accu mobil juga bisa muncul karena sambungan pada kutup accu kendor atau kotor.
  • Periksa komponen pengapian mesin mobil. Bagian pengapian mobil adalah CDI dan busi. Cek dan bersihkan semua busi lalu pasang kembali. Pastikan juga semua kabel yang menghubungkannya terkoneksi dengan baik.
  • Periksa switch starter. Pada umumnya, kerusakan pada switch starter terjadi pada kabel yang renggang. Dalam keadaan darurat, bisa menyambung kabel pada

Jika semua langkah pertolongan pertama untuk mengatasi mobil mogok di atas sudah dilakukan akan tetapi mobil tetap tidak bisa menyala, maka perlu memanggil mekanik bengkel terdekat. Setelah itu segera lakukan maintenance mobil.

Comments

Popular posts from this blog

Servis Rutin Berkala Cek Kondisi Motor Bikin Rasa Mesin Baru

Panduan Mudah Cara Mengembalikan Indra Perasa dan Indra Penciuman - Anosmia

Posisi Duduk PCX Saat Riding Yang Nyaman Buat Ngegas