Perhatikan! Jangan Asal Ganti PCD Velg Mobil

#PCDMobil #PCDVelgMobil #UkuranPCDMobil

Ganti PCD Velg Mobil | Banyak orang masih belum paham soal istilah di seputar kaki-kaki mobil. Salah satunya adalah PCD velg mobil. Apa itu PCD? PCD adalah kepanjangan dari Pitch Circle Diameter.

PCD merupakan ukuran panjang jarak antara baut roda satu dengan yang lain. Cara mengukurnya diambil dari titik baut roda yang berseberangan. PCD mempunyai satuan milimeter.

PCD velg mobil mempunyai ukuran bermacam-macam. Tiap mobil punya ukuran PCD bervariasi. Semisal mobil Jepang yang pada umumnya berukuran PCD 5/114 atau 5/100.

Yang artinya PCD mempunyai jumlah baut 5 dengan panjang jarak antar baut 114 milimeter.

Sedangkan pada mobil Eropa, biasanya ukuran PCD velg mobil adalah 5/112 atau 5/120. Karena PCD berhubungan langsung dengan velg mobil, dari segi keamanan berkendara haram hukumnya bila ukuran PCD velg mobil diubah, apalagi diganti dengan PCD dari mobil lain.

Demi mengejar desain velg mobil yang diinginkan, banyak pemilik mobil nekat ganti PCD punya mobil lain. Ganti PCD mobil itu sangat riskan karena pemasangannya pasti mengakali sana-sini.

Misal PCD standarnya 5/114, karena lubang velg mobilnya berjumlah 4 maka digantikan PCD velg mobil dengan yang punya lubang 4 juga.

Namun, jika memang harus mengganti PCD velg mobil karena ingin ikut kontes modifikasi, banyak mekanik menyarankan untuk tidak mengganti dari PCD mobil lain. Akan tetapi meng-custom PCD bawaan mobil.

Bila ingin mengganti PCD velg mobil berukuran 4/114 menjadi 5/114, maka tinggal lepas PCDnya lalu tutup lubang bautnya dengan las. Setelah itu buat lubang dengan bor sesuai keinginan.

Cara ini jauh lebih aman dibandingkan harus ganti PCD mobil. Jadi jangan asal ganti PCD velg mobil. Artikel “Perhatikan! Jangan Asal Ganti PCD Velg Mobil” ini bersumber dari Tabloid Oto Plus.

Comments

Popular posts from this blog

Servis Rutin Berkala Cek Kondisi Motor Bikin Rasa Mesin Baru

Panduan Mudah Cara Mengembalikan Indra Perasa dan Indra Penciuman - Anosmia

Posisi Duduk PCX Saat Riding Yang Nyaman Buat Ngegas