Cara Pasang Oil Cooler Motor Dengan Benar

#MesinMotor #OilCooler #PendinginMesin

Cara Pasang Oil Cooler Motor | Bagi yang pernah touring motor luar kota, pasti akan merasakan perbedaan performa mesin disaat dingin dan disaat mesin motor panas.

Performa mesin motor panas tentu akan mengurangi performa mesin. Bisa jadi oli pelumas mesin juga ikut terbakar karna kepanasan.

Selain itu, mesin motor yang panas akan menurunkan kenyamanan berkendara. Tidak sedikit, pengendara yang mengeluhkan motor kesayangannya yang sangat mudah panas, padahal sudah dilakukan perawatan rutin ke bengkel.

Untuk mengatasi mesin motor cepat panas, bisa menambahkan komponen tambahan. Bisa dipasangkan oil cooler motor.

Namun, terkadang pemasangan komponen aksesoris variasi oil cooler motor ini terjadi kesalahan. Bila salah pemasangan oil cooler motor, maka malah akan memperburuk kondisi performa mesin motor.

Bagi yang ingin memasang oil cooler mesin motor, sebaiknya simak dulu ulasan tentang cara pasang oil cooler motor dengan benar ini.

Langkah-langkah cara pasang oil cooler pada motor Honda Mega Pro, Tiger, Yamaha Byson, Scorpio adalah sama.

Kalau diperhatikan, masih banyak ditemui yang salah pasang oil cooler motor. Maksudnya mendinginkan oli mesin, malah justru merusak aliran pelumasan oli mesin.

Pemasangan oil cooler yang salah adalah aliran pelumas dari pompa dibagi dua. Satu menuju kepala silider dan satu lagi ke oil-cooler dan diteruskan ke bak karter.

Kesalahan pemasangan ini akan berakibat aliran oli menuju mesin tidak banyak. Pelumasan tidak maksimal dan bikin mesin cepat aus.

Sebaliknya, pemasangan oil cooler motor yang benar adalah di seri dengan pompa oli mesin. Aliran pelumas dari pompa oli masuk semua menuju oil-cooler.

Dari situ, oli mesin didinginkan dan diteruskan menuju mesin. Otomatis pelumasan maksimal dan bikin awet mesin.

Kalau ditanya harga oil cooler motor, maka biasanya berharga sekitar 400 ribu. Besarnya biaya pemasangan oil cooler mesin motor ini memang sepadan dengan efek performa mesin motor bila di pacu untuk touring.

Bagi yang suka touring luar kota, tips cara pasang oil cooler motor dengan benar ini pantas dicoba. Selamat mencoba.

Comments

Popular posts from this blog

Servis Rutin Berkala Cek Kondisi Motor Bikin Rasa Mesin Baru

Panduan Mudah Cara Mengembalikan Indra Perasa dan Indra Penciuman - Anosmia

Posisi Duduk PCX Saat Riding Yang Nyaman Buat Ngegas