Ketahui Mengapa Perlu Balancing Roda Mobil

#BalancingMobil #CarBalance #RodaMobil

Mengapa Perlu Balancing Roda Mobil | Balancing roda berguna untuk menyeimbangkan roda mobil atau sepeda motor agar sebaran massa atau bobot merata.

Dengan balancing roda mobil atau roda sepeda motor, maka roda dapat berputar pada sumbu putarnya dengan tenang tanpa ada getaran.

Mengapa perlu balancing roda ?

Roda adalah salah komponen kendaraan yang menopang berat kendaraan. Roda sendiri terdiri dari ban dan pelek. Ban berputar mengikuti perubahan arah gerak kendaraan mengikuti putaran roda kemudi. Selain itu ban juga berfungsi meredam getaran mobil dari jalan.

Keausan ban sangat dipengaruhi oleh fungsi dari suspensi, power steering dan penyetelan front wheel alignment. Sehingga ban dan pelek menjadi komponen yang mempunyai fungsi vital dalam kendaraan.

Kondisi roda juga sangat mempengaruhi kenyamanan dan keamanan dalam berkendara. Ban dan velg akan mengalami perubahan kualitas dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan medan dan cara penggunaan kendaraan.

Saat roda berputar, terjadi gaya sentrifugal pada tiap bagian roda. Jika pada roda yang berputar masanya tidak merata, misalnya terdapat bagian spot atau titik yang berat, bagian tersebut akan akan tertarik dengan arah gaya luar dari radius roda.

Gaya ini semakin kuat ketika roda berputar semakin cepat. Akibatnya roda menjadi tidak seimbang (unbalance).

Roda juga mendapatkan distribusi gaya sentrifugal yang tidak merata. Gaya sentrifugal yang lebih besar pada salah satu titik roda, akan menarik dengan gaya yang kuat saat ban berputar.

Hal ini bisa mengakibatkan roda mobil bergerak ke atas dan ke bawah atau dari sisi satu ke sisi yang lainnya (oblak). Jika getaran tidak mampu diredam oleh sistim suspensi mobil, pengendara akan merasakan goncangan atau getaran akibat roda yang tidak balance.

Bodi mobil sekarang pada umumnya dibuat lebih ringan dan terus dibuat semakin ringan dibandingkan dengan  generasi mobil sebelumnya, maka efek getaran yang ditimbulkan bobot komponen mobil sekitar suspensi  dan dibawah suspensi termasuk roda menjadi semakin domqinan. Roda kendaraan yang tidak balance sedikit saja akan memberikan akibat yang semakin besar.

Beberapa fakta otomotif adalah, bobot mobil generasi terdahulu yang berat membantu menghasilkan peredaman yang baik pada sistem suspensi selama berkendara, sehingga penumpang tidak terlalu merasakan datangnya getaran yang berarti.

Dalam kasus ini fungsi peredaman getaran menjadi optimum sehingga mobil dinaikinya terkesan lebih lembut.

Pertimbangan yang lain adalah teknologi ban. Penggunaan ban mobil saat ini  trend umumnya menggunakan ban profil rendah. Ban dengan profil yang lebih rendah memiliki karakter lebih responsif (memberikan umpan balik kondisi jalan dan respon kemudi yang lebih baik).

Jika roda ada yang tidak balance sedikit (misal : setengah ons) saja akan mengakibatkan getaran yang cukup terasa. Bagi mobil yang menggunakan pelek berukuran besar dan profil  ban yang rendah, balancing roda mau tidak mau menjadi suatu keharusan.

Comments

Popular posts from this blog

Servis Rutin Berkala Cek Kondisi Motor Bikin Rasa Mesin Baru

Panduan Mudah Cara Mengembalikan Indra Perasa dan Indra Penciuman - Anosmia

Posisi Duduk PCX Saat Riding Yang Nyaman Buat Ngegas