Kenali Tahapan Pembuatan Mobil Idaman Indonesia

#CarDesign #MobilTerbaru #CarPrototype

Tahapan Pembuatan Mobil | Sudah menjadi rahasia umum bahwa frekuensi keluarnya mobil terbaru relatif tinggi.

Selain itu, persaingan produsen mobil juga ketat. Semua bersaing demi mendapatkan jumlah penjualan yang tinggi. Produsen berlomba membuat mobil idaman keluarga Indonesia.

Produsen kendaraan otomotif dituntut untuk tidak hanya menunjukan fungsi sebuah produk, namun terlebih adalah kualitas produk diukur dari fungsi kegunaannya, masa pakainya, termasuk tuntutan akan kemampuan menyesuaikan dengan gaya hidup pemakainya.

Dalam pembuatan mobil, produsen akan berorientasi pada kendaraan yang berkualitas, hemat bahan bakar dan sesuai dengan keinginan masyarakat atau konsumen. Proses tahap pembuatan mobil, harus melalui enam tahap. Antara lain;

Survey Konsumen

Untuk memulai rencana pembuatan sebuah kendaraan, terlebih dahulu si produsen melakukan berbagai survey untuk mengetahui apa yang sebenarnya diinginkan oleh konsumen.

Dari berbagai survey yang dilakukan, menunjukan bahwa kebanyakan masyarakat menginginkan lahirnya sebuah kendaraan mobil impian yang memenuhi kriteria;

  • Irit BBM
  • Harga terjangkau dan berkualitas bagus
  • Mobil harus handal dipakai dipelosok daerah
  • Tampang keren dan lega (stylish and spacious)
  • Cocok dengan kondisi jalanan (melewati jalan sempit, jalan berlubang, masuk garasi kecil, aman nyaman lewat jalan Tol, mampu melalui jalan tanjakan)
  • Mode yang mengikuti trend mobil dunia

Desain mobil

Harapan dan kebutuhan masyarakat akan kehadiran mobil idaman konsumen, di terjemahkan dalam bentuk sketsa. Dari imajinasi gambar sketsa, dibentuk menjadi model 3 dimensi.

Selanjutnya proses pengambilan surface data lalu dilakukan penyempurnaan data. Hal ini untuk mengahasilkan A-class data sesuai dengan kaidah desain.

Engineering design

Tahahan pembuatan mobil selanjutnya adalah pembuatan detil konstruksi mobil dengan fungsi dan kualitas terbaik.

Desain teknik ini harus sesuai dengan keinginan masyarakat dan kondisi negara target marketnya. Hasil dari tahap ini adalah sebuah gambar teknik rancangan  mobil terbaik.

Prototyping

Untuk memastikan gambar teknik mobil terbaik itu sesuai dengan bentuk aslinya, maka dibuat prototype mobil tersebut. Semua komponen di buat prototype-nya. Ini bertujuan untuk memastikan fungsi komponen mobil berjalan dengan baik.

Testing

Setelah terbentuk prototype mobil, maka dilakukan sejumlah test atau uji kendaraan untuk memastikan mobil tersebut berkualitas global dan sesuai dengan kondisi geografis negara target marketnya.

Contoh uji test mobil misalnya; uji buka tutup pintu mobil sebanyak 75.000 kali, uji melewati daerah banjir (flood capability test), uji poster test kekuatan roda selama 750 jam, uji kekuatan roda pada berbagai kondisi jalanan, uji kestabilan kendaraan (stability test), uji konsumsi bahan bakar (fuel consumption test) serta uji ketahanan kendaraan (durability test).

Production

Terakhir adalah tahapan produksi yang dimulai dari Press Shop (panel body), Welding Shop (chassis dan kerangka kendaraan), Casting Shop (proses pembuatan komponen mesin), Engine Shop (perakita mesin), Painting Shop (pengecatan), yang terakhir adalah Assembly Shop (perakitan kendaraan).

Setelah itu selesai semua proses produksi, maka dilakukan uji kualitas untuk memastikan produk akhir kendaraan telah menghasilkan kendaraan yang aman dan nyaman siap untuk dikendarai.

Waktu yang dibutuhkan untuk proses tahapan pembuatan mobil terbaru itu sangat panjang dan detil. Tahapan ini berlaku juga untuk pembuatan kendaraan motor. Mungkin bisa butuh waktu bertahun-tahun untuk menghasilkan produk kendaraan mobil terbaik idaman keluarga Indonesia.

Dan perlu diketahui juga, desain kendaraan di setiap negara itu berbeda. Ini dikarenakan alasan kondisi geografis, cuaca, kondisi jalanan yang ada, dan jenis bahan bakar yang ada wilayah tersebut.

Comments

Popular posts from this blog

Servis Rutin Berkala Cek Kondisi Motor Bikin Rasa Mesin Baru

Panduan Mudah Cara Mengembalikan Indra Perasa dan Indra Penciuman - Anosmia

Posisi Duduk PCX Saat Riding Yang Nyaman Buat Ngegas