Waspadai Penyebab Mobil Terbakar Di Jalanan

#KebakaranMobil #MobilTerbakar

Penyebab Mobil Terbakar Di Jalanan | Kejadian kebakaran membuat saya teringat dengan VW Combi yang terbakar di Jogja.

Kebetulan mobil VW yang terbakar itu milik teman saya. Memang, banyak kasus kebaran mobil di alami oleh mobil VW.

Pada dasarnya, kebakaran mobil bisa menimpa semua jenis kendaraan. Penyebab mobil terbakar di jalanan dapat disebabkan oleh berbagai macam. Dari sistem kelistrikan hingga kebocoran selang BBM.

Jika dilihat secara keseluruhan, material yang terdapat pada mobil itu mudah terbakar.Selain itu juga, pada mobil juga terdapat pemicu kebakaran yang berupa bahan bakar dan saluran kelistrikan.

Pada beberapa bagian mobil yang panas (hot part), harus bersih dari bahan pemicu api. Kebocoran oli pada bagian mobil yang panas, bisa menyebabkan oli terbakar.

Perlu diketahui, bahwa oli itu mudah terbakar. Untuk itu perlu beberapa tindakan untuk mencegah kebakaran mobil.

Selain itu, perlu perhatian secara serius tentang selang saluran bahan bakar mobil. Pada selang karet BBM mobil yang sudah berumur, rawan terhadap kebocoran.

Sambungan selang BBM (klamp) yang dekat dengan sumber panas, sangat rentan menyebabkan mobil terbakar.

Pemicu kebakaran mobil lainnya adalah sistem kelistrikan mobil. Percikan api pada kelistrikan mobil menjadi pemicu mobil terbakar. Percikan api pada listrik mobil, disebabkan oleh hubung singkat (konsleting kelistrikan mobil) dan kontak sambungan kabel yang tidak sempurna.

Isolasi kabel mobil harus diperhatikan. Jangan samapi terjadi lecet pada isolasi kabel, karena dapat menjadi pemicu percikan api.

Isolasi kabel mobil akan berkurang kualitas isolator bila telah mencapai umur lebih dari 5 tahun. Sedangkan untuk sambungan kabel mobil, sebaiknya di selongsongi dengan kondom kabel pada bagian luarnya.

Sebenarnya, dalam sistem kelistrikan mobil sudah ada sekering mobil yang dapat mencegah mobil terbakar bila terjadi konsleting listrik.

Bila mengganti sekering mobil, sebaiknya sesuaikan dengan load ampere beban listrik yang ada pada mobil. Khususnya untuk mobil yang dimodifikasi dengan penambahan fitur audio video mobil.

Terakhir, juga harus hati-hati dalam menggunakan sekering pada mobil anda. Pemberian kapasitas sekering yang tidak sesuai dengan beban kelistrikan yang dipakai bisa menyebabkan kebakaran mobil.

Comments

Popular posts from this blog

Servis Rutin Berkala Cek Kondisi Motor Bikin Rasa Mesin Baru

Panduan Mudah Cara Mengembalikan Indra Perasa dan Indra Penciuman - Anosmia

Posisi Duduk PCX Saat Riding Yang Nyaman Buat Ngegas