Tabrakan Mobil Yang Membuat Airbag Tidak Mengembang

#AirbagMobil #SafetyCar #AirbagTidakMengembang

Airbag Tidak Mengembang | Pada beberapa jenis kecelakaan tabrakan mobil, airbag tidak mengembang.

Kadang, orang akan bertanya-tanya, kenapa saat kecelakaan kok airbag tidak mengembang? Apakah ada yang rusak dengan airbag?

Usut punya usut, ternyata airbag itu akan mengembang bila terjadi kecelakaan tabrakan mobil secara frontal intensitas, kecepatan dan sudut tabrakan. Ada beberapa jenis posisi kecelakaan tabrakan mobil yang menyebabkan airbag tidak mengembang.

Mobil ditabrak pada bagian samping 

Airbag samping akan mengembang jika benturan keras telah terdeteksi oleh sensor yang berada di samping. Airbag samping akan mengembang mengembang tergantung kekuatan, kecepatan dan sudut dari tabrakannya itu sendiri.

Jika dalam kecepatan tabrakan rendah, mungkin airbag tidak akan mengembang. Ada juga airbag yang didesain saling berhubungan dengan sabuk pengaman. Jika sabuk pengaman tidak dikenakan maka airbag tidak akan mengembang jika terjadi tabrakan mobil.

Mobil ditabrak dari belakang 

Airbag depan Anda tidak akan mengembang jika mobil Anda ditabrak dari belakang. Hal ini dikarenakan sensor airbag depan tidak dapat membaca tabrakan mobil.

Hal ini juga berlaku untuk tabrakan mobil pada posisi samping yang tidak akan mengembangkan airbag depan. Apalagi tingkat benturannya tidak kencang atau dengan kecepatan rendah.

Kemudian jika mobil ditabrak dari belakang, posisi badan Anda akan terdorong ke arah belakang, Bila airbag terkembang pun tidak akan memberi pengaruh apa-apa.

Kecelakaan mobil terguling 

Saat kecelakaan mobil terguling, maka airbag depan dipastikan tidak akan mengembang karena sensor airbag mobil tidak bisa mendeteksi tabrakan. Terkecuali, jika mobil itu memiliki airbag samping. Bisa saja airbag samping akan mengembang setelah terguling.

Kecelakaan mobil menabrak tiang atau pohon 

Airbag depan tidak mengembang jika mobil menabrak tiang atau pohon yang ada di depannya. Itu karena benturan hanya terjadi di satu daerah dan kekuatannya tidak bisa terdeteksi oleh sensor.

Selain itu penyebab airbag depan tidak mengembang terjadi ketika mobil akan menabrakan truk dan pengemudi sedikit melakukan pengereman meski pada akhirnya mobil itu nabrak. Itu dikarenakan saat terjadi deselerasi, sensor airbag tidak akan mendeteksi, alhasil airbag tidak akan mengembang.

Dari beberapa jenis tabrakan mobil yang membuat airbag tidak mengembang dapat disimpulkan bahwa, airbag akan mengembang bila terjadi tabrakan yang terdeteksi oleh sensor. Kemungkinan sensor airbag mobil untuk antisipasi pengurangan efek kecelakaan ini memang dibuat tidak terlalu peka.

Comments

Popular posts from this blog

Servis Rutin Berkala Cek Kondisi Motor Bikin Rasa Mesin Baru

Panduan Mudah Cara Mengembalikan Indra Perasa dan Indra Penciuman - Anosmia

Posisi Duduk PCX Saat Riding Yang Nyaman Buat Ngegas