Perlengkapan Yang Harus Ada Dalam Mobil

#BarangBawaanMobil #BendaWajibMobil #BarangWajibMobil #PeralatanWajibMobil

Perlengkapan Yang Harus Ada Dalam Mobil | Bila sudah berada di jalanan, segala kemungkinan bisa terjadi.

Pengemudi tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi saat berkendara. Maka dari itu butuh persiapan untuk antisipasi kejadian dijalanan.

Hal sepele yang terjadi dijalanan, bisa berakibat besar bila tidak di antisipasi. Berbagai perlengkapan yang harus ada dalam mobil menjadi bagian antisipasi kejadian ganguan di jalanan. Ini semacam peralatan safety car.

Perlengkapan peralatan darurat mobil ini kelihatan sepele,  tapi akan sangat berguna di saat yang tepat.

Boleh dikatakan bahwa perlengkapan yang harus ada dalam mobil ini harus wajib ada dalam mobil. Beberapa barang perkakas mobil atau benda yang harus ada dalam mobil adalah sebagai berikut:

  1. Senter. Cukup dengan senter LED kecil saja. Pilih yang kuat tahan lama, praktis dan terang. Ini berguna akalu ada gangguan di malam hari.
  2. Pengukur tekanan ban. Sangat berguna untuk mengetahui tekanan ban.
  3. Kotak P3K. Peralatan ini diwajibkan bagi yang sering membawa anak-anak dalam berkendara. Sangat berguna untuk pertolongan pertama.
  4. Buku manual mobil. Ketika dijalanan dan hendak mencari info mengenai gejala tak lazim pada mobil atau mencari tombol khusus secara mendadak, maka bisa ditemukan dalam buku manual mobil.
  5. Peralatan ganti ban. Bawalah selalu dongkrak, kunci pass dan ban cadangan.
  6. Segitiga peringatan. Pilih tanda segitiga yang memantulkan cahaya. Ini berguna disaat mobil mogok di tengah jalan dan harus memperbaiki sesuatu di pinggir jalan. Segitiga peringatan ini sebagai tanda gangguan.
  7. Pisau lipat serba guna. Biasanya dalam pisau lipat serba guna juga terdapat obeng dan pencokel. Tak cuma pisau, ada obeng kecil, pencongkel dan lainnya.
  8. Sekring. Komponen ini dibutuhkan disaat terjadi korsleting.
  9. Kabel jumper. Mobil mendadak mati karena aki tekor, solusinya pakai kabel jumper untuk ”meminjam” listrik dari mobil lain.
  10. Selotip. Pilih yang tahan panas dan tebal.
  11. Lap serbaguna.

Sebetulnya masih banyak lagi barang bawaan mobil yang wajib ada dalam mobil, akan tetapi hal yang tersebut diatas adalah paling pokok.

Mungkin bila saat musim hukan tiba, bisa ditambahi payung atau jas ujan. Dan bagi yang aktivitas mobile padat dan harus penampilan rapi, munkin juga bisa menambahan gantungan baju atau gantungan jas dalam mobilnya.

Comments

Popular posts from this blog

Servis Rutin Berkala Cek Kondisi Motor Bikin Rasa Mesin Baru

Panduan Mudah Cara Mengembalikan Indra Perasa dan Indra Penciuman - Anosmia

Posisi Duduk PCX Saat Riding Yang Nyaman Buat Ngegas