Efek Samping Pemakaian Aditif Oli Mobil

#AditifOliMobil #ZatAditif #KerakMesinMobil

Efek Samping Pemakaian Aditif Oli Mobil | Kalau ada iklan aditif oli mobil yang bisa menaikkan performa mesin mobil, saya percaya tapi tidak rekomended.

Iklan-iklan oli aditif yang ditampilan di berbagai media memberikan jaminan keuntungan pada kinerja mesin mobil. Banyak manfaat pemakaian aditif oli pada mesin mobil.

Sebenarnya, fungsi zat aditif oli mesin tidak begitu jelas manfaatnya. Sedangkan pemakaian aditif oli mobil dalam waktu yang lama dan rutin, ternyata berdampak buruk pada mesin. Komponen jeroan mesin bisa bermasalah berat. Ini akibat efek samping pemakaian aditif oli mesin dalam jangka waktu lama.

Efek samping pemakaian oli aditif yang ditimbulkan adalah adanya kerak yang menumpuk pada sistem pelumasan mesin. Ini terbukti pada beberapa teman saya yang memakai aditif oli mobil untuk mesinnya.

Bentuk gumpalan kerak yang menempel pada jeroan mesin sangat mengkhawatirkan. Pemakaian oli aditif dalam waktu lama tidak aman, karena kerak akan menggumpal. Paradoksnya, dalam promosi iklan di katakan bahwa zat aditif ini akan mencair, tapi kenyataannya tidak.

Pada sebagian mobil injection, ada nozzle/injector yang sangat sensitif. Lubang pengkabutan pada nozzle/injector sangat kecil halus.

Celakanya, kerak oli aditif ini bisa menggumpal dan menyumbat lubang nozzle/injector tersebut. Efeknya adalah, tarikan mesin mobil tersendat-sendat atau tidak enak di kendarai.

Selain nozzle/injector yang teganggu, komponen jeroan mesin juga bisa terganggu. Untuk mobil baru, celah antar komponen atau jalur pelumasan oli mesin lebih kecil daripada mobil tua. Sangat gawat rasanya, bila celah atau saluran pelumasan mesin ini tersumbat oleh kerak aditif oli.

Saran saya adalah, boleh menggunakan aditif oli mesin mobil, akan tetapi jangan dalam jangka waktu yang lama. Saya lebih rekomen kalau tidak memakai zat aditif oli mobil. Cukup melakukan servis rutin saja untuk menjaga kinerja mesin mobil.

Bila ingin sekali merasakan menggunakan aditif oli mobil, sebaiknya cari informasi dulu tentang aditif oli yang aman. Bisa cari informasi pemakaina aditif oli lewat tanya mekanik bengkel atau lewat sharing pengguna oli aditif mobil.

Jangan sampai memakai aditif oli mesin, tapi tidak mengetahui keuntungan dan kekurangan aditif oli. Paling tidak mengetahui efek samping pemakaian aditif oli.

Comments

Popular posts from this blog

Servis Rutin Berkala Cek Kondisi Motor Bikin Rasa Mesin Baru

Panduan Mudah Cara Mengembalikan Indra Perasa dan Indra Penciuman - Anosmia

Posisi Duduk PCX Saat Riding Yang Nyaman Buat Ngegas