Kelebihan dan kekurangan Oli Mineral & Oli Synthetic

#OliMesin #OilSynthetic

Kelebihan dan kekurangan Oli | Standarnya, semua jenis oli ada standarisasinya. Jaminan kualitasnya pun ada juga. Ada sertifikat API Service-nya juga. Kelebihan dan kekurangan oli mineral dan synthetic ada juga.


Keunggulan oli synthetic dibandingkan oli mineral

  • Lebih stabil pada temperatur tinggi (less volatile)sehingga kadar penguapan rendah
  • Mengontrol/mencegah terjadinya endapan karbon pada mesin
  • Sirkulasi lebih lancar pada waktu start pagi hari/cuaca dingin
  • Melumasi dan melapisi metal lebih baik dan mencegah terjadigesekan antar logam yangberakibat kerusakan mesin
  • Tahan terhadap perubahan/oksidasi sehingga lebih tahan lamasehingga lebih ekonomis dan efisien
  • Mengurangi terjadinya gesekan, meningkatkan tenaga danmesin lebih dingin
  • Mengandung detergen yang lebih baik untuk membersihkanmesin dari kerak

Oli mineral berasal hasil penyulingan, sedangkan oli synthetic dari hasil campurankimia. Bahan oli synthetic biasanya PAO (PolyAlphaOlefin). Jadi oli Mineral API SL kualitasnya tidak sama dengan oli Synthetic API SL.

Oli synthetic biasanya disarankan untuk mesin-mesin berteknologi terbaru (turbo, supercharger, DOHC, dsbnya) dan juga yang membutuhkan pelumasan yang lebih baik (racing) dimana celah antar part/logam lebih kecil/sempit/presisi dimana hanya oli synthetic yang bisa melapisi dan mengaliri secara sempurna.

Jadi untuk mesin yang diproduksi tahun 2001 keatas disarankan sudah menggunakan oli yang bertipe synthetic baik semi synthetic (campuran dengan mineral oil) atau fully-synthetic.

Biasanya harga oli fully synthetic 3x lipat lebih mahal dari yang semi synthetic. Oli semi synthetic harganya 2x lipat lebih mahal dari oli mineral. Kalau untuk pemakaian sehari-hari cukup yang semi synthetic.

Perhatikan Kemasan Pelumas Dan Hindari Pelumas Palsu

Pengalaman saya mendapatkan oli palsu, menjadikan bisa turun mesin motor saya. Dari pengalaman itu, saya belajar untuk lebih teliti membeli dan memilih oli mesin agar mendapat oli asli.

Pilihlah oli yang terkemas dengan baik, masih tersegel dengan rapi, terdapat identitas perusahaan dan tujuan penggunaan.

Hindari pembelian barang yang sudah cacat kemasannya. Belilah pelumas pada Agen resmi atau di tempat-tempat yang dapat dipercaya menurut anda atau rekomendasi dari teman.

Jadi untuk saat ini oli yang beredar di Indonesia berstandar API Service SL ke bawah untuk mesin bensin danberstandar API Service CH4 ke bawahuntuk mesin diesel. Sebaiknya menggunakan oli yang memiliki sertifikasi API yang paling tinggi karena memberikan pelumasan yang baik.

Oli synthetic memang lebih mahal dibanding oli mineral, dan oli semi synthetic yang lebih bagus dari oli mineral dan lebih ekonomis dari oli synthetic. Tinggal pilih oli mesin yang cocok bagi biker.

Comments

Popular posts from this blog

Servis Rutin Berkala Cek Kondisi Motor Bikin Rasa Mesin Baru

Panduan Mudah Cara Mengembalikan Indra Perasa dan Indra Penciuman - Anosmia

Posisi Duduk PCX Saat Riding Yang Nyaman Buat Ngegas