Ketahui Cara Mengemudi Mobil Matic dengan Tepat

Posted on

#MobilMatic #BelajarSetir #SetirMobil

Cara Mengemudi Mobil Matic | Seperti yang sudah diketahui umum, pengoperasian transmisi matic sangat mudah. Mayoritas pengguna mobil matic memang kaum Hawa. Ada beberapa orang yang memilih menggunakan mobil transmisi matic karena alasan tidak mau repot.

setir mobil matic

Penggunaan mobil matic memang mudah, tapi perlu karakter mengemudi yang tepat. Perlu cara mengemudi mobil matic dengan tepat. Topik ulasan kali ini, masih berhubungan dengan artikel sebelumnya. Ulasan artikel ini merupakan lanjutan dari artikel tentang Ketahui Cara Mengendarai Mobil Matic Yang Benar.

Sebelumnya telah, di sampaikan beberapa kebiasaan perilaku saat mengemudi mobil transmisi matic. Berikut merupakan lanjutan dari beberapa perilaku yang perlu diperhatikan disaat mengemudi mobil matic.

Jangan langsung pindah dari D ke R

Saat memindahkan tuas transmisi matic dari D ke R, pastikan mobil kondisi berhenti. Posisi D ke R ini untuk beralih mobil berjalan mundur. Jadi, jangan lakukan perpindahan gigi dari D ke R disaat mobil masih berjalan.

Bila ini dilakukan, maka akan merusak planetary gear, one way clutch dan as kopel (as roda). Sebaiknya, bila ingin memundurkan mobil, masukkan dulu posisi tuas transmisi ke posisi N. Biarkan sejenak, lalu baru pindah perlahan ke posisi R. Kalau ini dilakukan dengan tepat, maka hendakan gigi persneling akan terasa halus.

Jangan bermain ponsel

Mengemudi mobil matic memang akan membuat tangan kiri relatif lebih santai longgar. Jangan gunakan alasan ini untuk bebas menggunakan ponsel dalam berkendara. Disaat yang cepat, singkat dan tak terduga, butuh kedua tangan untuk mengemudikan mobil matic.

Cukup kickdown ketika menyalip

Disaat menyalip kendaraan di depannya, saya lebih suka untuk menginjal pedal gas lebih dalam lagi (kickdown) dan membiarkan transmisi secara otomatis menurunkan posisi gigi persneling sesuai kebutuhhan. Cara kickdown saat menyalip ini lebih beresiko kerusakan kecil daripada melakukan perpindahan gigi secara manual yang berefek pada longgarnya bearing main shaft. Alasan ini berhubungan dengan perpindahan gigi persneling dan konsumsi BBM saat menyalip.

Gunakan gigi rendah di jalan menurun

Jangan paksakan posisi transmisi di D saat di jalan turunan. Jangan ragu untuk menurunkan posisi gigi satu step atau overdrive supaya mesin mendapatkan efek engine brake. Baca juga artikel tentangĀ Cara Engine Brake Pada Mobil Matic.

Jangan terlalu sering menggunakan mode Manual atau Sport

Pada prinsipnya mobil matic di desain untuk pengoperasian transmisi matic. Teknologi di dalamnya sudah transmisi otomatis. Maka, bila dirasa tidak perlu, jangan keseringan menggunakan mode Manual atau Sport. Gunakan mode Manual atau Sport seperlunya saja. Ini untuk mejaga kopling mobil dan konsumsi BBM agar tetap aman.

Beberapa tips menggunakan mobil matic diatas, dapat dijadikan masukan dalam kebiasaan perilaku berkendara di jalanan. Jangan sampai terlena dengan kegampangan penggunaan mobil transmisi matic dengan melakukan hal ceroboh. Semuanya itu, bertujuan agar tetap safety car. Safety untuk pengemudi dan mobil itu sendiri dan safety untuk pengguna jalan lainnya.

Gravatar Image
Belajar dan berusaha untuk berguna bagi sesama | Saling berbagi yuk