pasang aneka penangkal petir
Aneka penangkal petir konvensional

Pasang Aneka Penangkal Petir Murah : Konvensional – Elektrostatis

Posted on

Penangkal petir | Alat ini berguna untuk di daerah yang biasanya muncul petir. Pemansangan penangkal petir berguna banget pada perangkat elektronika yang sensitif terhadap trip tegangan PLN.

#PenangkalPetir #Grounding #Elektronik #TripTegangan

Kadang terjadi kerusakan perangkat elektronika dikarenakan hal sepele. Yaitu petir yang menjadikan trip tegangan tinggi.

Aneka penangkal petir murah

Ada dua macam jenis penangkal petir yang ada. Kesemua jenis ini tergantung peruntukannya. Untuk rumah dan gedung tentu saja berbeda.

Penangkal petir konvensional
Instalasi pemasangan penangkal petir konvensional lebih cocok digunakan untuk bangunan rumah, ruko atau area yang berdekatan antara 1 dengan yang lainya. Penangkal petir konvensional ini bersifat pasif, hanya menerima sambaran petir.

Ada 2 system yang digunakan untuk penangkal petir konvensional. Pemilihan pasang penangkal petir konvensional harus berdasarkan dari struktur bangunan yang akan dipasang penangkal petir.

  1. Instalasi penangkal petir sangkar
  2. Instalasi penangkal petir tunggal

Penangkal petir elektrostatis atau sistem radius (protech)
Instalasi penangkal petir sistem elektrostatis bersifat aktif. Prinsip kerja penangkal petir elektrostatis adalah menangkap petir dengan cara menambah muatan pada ujung finial / splitzer agar petir selalu memilih ujung ini untuk disambar. Prinsip ini mengadopsi sebagian sistem penangkal petir radioaktif.

penangkal petir elektrostatis
Contoh penangkal petir elektrostatis

Prinsip kerja penangkal petir

Prinsip kerja dari penangkal petir adalah saat muatan listrik negatif di bagian bawah awan sudah tercukupi, maka muatan listrik positif di tanah akan segera tertarik. Muatan listrik kemudian segera merambat naik melalui kabel konduktor, menuju ke ujung batang penangkal petir.

Yang harus banget diperhatikan kisanak saat installasi penangkal petir adalah sistem goundingnya.

Pemasangan grounding penangkal petir

Titik tanam dan kabel grounding yang digunakan untuk penangkal petir dan instalasi listrik PLN, harus dibuat terpisah.

Pengukuran grounding

Ukur dahulu hasil media grounding yang telah dibuat. Tentukan dan pastikan nilainya memenuhi standar di bawah 5 ohm. Semakin kecil nilai ohm nya, itu semakin baik. Jika belum, maka buat media grounding lagi, kemudian di paralel.

Lebih aman kalau kabel grounding itu bisa sampai ke air tanah. Ini penting lho kisanak.

Pernah teman saya temui ada gedung yang mengalami kerusakan perangkat elektronika bila tersambar petir, walaupun sudah dipasangi penangkal petir. Setelah di selidiki biasanya karena groundingnya tidak baik.

Kadang, ada teknisi yang rada curang juga, untuk mencapai grounding <5 ohm, mereka membasahi tanahnya dulu dengan air agar bisa mencapai <5 ohm. Nanti kalau tanahnya udah kering, itu yang bikin masalah

Fungsi grounding penangkal petir

Grounding berfungsi sebagai penghantar arus listrik langsung ke bumi atau tanah saat terjadi kebocoran isolasi atau percikan api pada konsleting, misalnya kabel grounding yang terpasang pada case casis perangkat elektronik seperti setrika listrik akan mencegah kita tersengat listrik saat rangkaian di dalam setrika bocor dan menempel ke badan setrika.

Dalam instalasi penangkal petir, sistem grounding berfungsi sebagai penghantar arus listrik yang besar langsung ke bumi. Meski sifatnya sama, namun pemasangan kabel grounding untuk instalasi rumah dan grounding untuk pernangkal petir pemasangannya harus terpisah.

Grounding berguna juga untuk proteksi peralatan elektronik atau instrumentasi sehingga dapat mencegah kerusakan akibat adanya bocor tegangan.

Gravatar Image
Belajar dan berusaha untuk berguna bagi sesama | Saling berbagi yuk