istilah bandara dan status penerbangan
Flight information bandara

Istilah Dan Status Penerbangan Yang Harus Diketahui Saat Di Bandara Internasional

Posted on

Istilah dan status penerbangan | Boarding, delay, flight number, cancelled, jadwal pesawat, transit adalah beberapa contoh istilah dalam penerbangan yang harus tahu bila ingin naik pesawat.

Masih banyak lagi istilah penerbangan yang ada di bandara dan ada juga istilah status penerbangan lho. Semua istilah dalam bahasa inggris yang harus dihapal diluar kepala.

ticket boarding pass
Boarding pass qatar airways

#Delay #Boarding #Trip #Travelling #SafeFlight #OverBaggage #Passport #Visa

Jangan sampai ketinggalan pesawat karenal hal sepele tidak tahu arti kode status penerbangan dan istilah di bandara. Namun sebelumnya, saya ingin kasih tahu ada situs mengenai status penerbangan yang bisa menjadi acuan. www.flightstats.com.

Istilah dalam kode status penerbangan.

Dalam dunia penerbangan ada banyak kode status yang digunakan sebagai penunjuk keadaan penerbangan tersebut. Tidak harus tahu semua kode status tersebut kok. Paling tidak, kisanak tahu beberapa kode status yang lazim dipakai umum.

Schedule (S)
Status schedule artinya adalah penerbangan tersebut terjadwal keberangkatan dan kedatangannya sesuai rencana penerbangan yang telah dijadwalkan. Sebuah penerbangan dalam status terjadwal (schedule) dapat berubah menjadi cancelled, active atau unknown.

Active (A)
Status active artinya adalah maskapai yang dijadwalkan untuk terbang sedang dalam perjalanan kembali dari bandara atau penerbangannya. Sebuah penerbangan berstatus aktif masih dapat berubah menjadi unknown, landed atau diverted.

Unknown (U)
Maskapai berstatus Unknown artinya adalah ketika Flight Stats tidak mampu menentukan status akhir penerbangan karena kurangnya sumber data valid yang tersedia dalam waktu tertentu.

Redirected (R)
Penerbangan dengan status redirected artinya adalah menandakan bahwa penerbangannya telah berubah ke rute bandara yang terjadwal. Tentunya setelah mendarat di bandara yang terjadwal, nantinya pesawat akan berubah menjadi berstatus redirected (dialihkan).

Landed (L)
Penerbangan dengan status landed artinya adalah menjelaskan bahwa maskapai penerbangan tersebut telah berhasil mendarat di bandara yang dijadwalkan.

Cancelled (C)
Penerbangan dengan status cancelled artinya adalah penerbangan dengan jadwal tersebut telah dibatalkan.

Delay
Penerbangan dengan status delay artinya adalah jadwal penerbangan sedang ditunda sementara waktu karena sesuatu alasan.

No Operation (NO)
Jadwal penerbangan ini terjadi karena tidak ada operasional yang berjalan dari suatu maskapai penerbangan.

En Route
Status En Route artinya adalah penerbangan yang dijadwalkan untuk terbang sedang berada dalam perjalanan menuju ke bandara terjadwal.

On Time
Status On Time artinya adalah penerbangan yang dijadwalkan tiba tepat waktu dan dapat melakukan penerbangan sesuai jadwal yang sudah ditetapkan.

Istilah-istilah yang ada di bandara.

Selain ada status penerbangan, ada juga istilah penerbangan yang harus kisanak ketahui lho. Karena, kalau tidak tahu istilah-istilah di bandara, bisa bakalan tersesat ini. Apalagi kalau di bandara internasional, disana lebih banyak istilah yang harus diketahui lagi.

Departure, arrival, boarding, check in, baggage, cabin dan pay tax adalah beberapa contoh istilah penerbangan yang ada di bandara.

Departure
Departure adalah jadwal atau waktu keberangkatan yang sudah ditetapkan. Ini juga dapat Anda lihat melalui tiket penerbangan yang Anda booking.

Arrivals
Arrivals artinya adalah sebagai waktu tiba atau waktu kedatangan sebuah maskapai di gate yang telah terjadwal.

Boarding
Boarding artinya adalah masuknya penumpang ke kendaraan yang dimulai dengan memasuki pesawat dan berakhir ketika penumpang sudah berada di tempat duduk sesuai dengan tiket pesawat yang sudah di-booking sebelumnya.
Panggilan boarding di bandara menandakan bahwa penumpang harus segera menuju gerbang keberangkatan dan naik pesawat. Ini terjadi setiap satu jam atau tiga puluh menit sebelum jadwal keberangkatan pesawat.

Accompanied
Accompanied artinya adalah ketika membeli tiket untuk anak/bayi, harus ditemani oleh orang dewasa yang membayar penuh sesuai tarif berlaku.

Adult
Adult artiny adalah seseorang yang telah berusia di atas 12 tahun.

Alternate Aerodrome
Alternate Aerodrome artinya adalah bandara alternatif, yaitu bandara lain yang akan dipilih jika tidak bisa mendarat di bandara tujuan.

Apron
Apron artinya adalah tempat parkir pesawat.

Arrival
Arrival artinya adalah kedatangan.

Aviation
Aviation artiny adalah institusi atau suatu lembaga penerbangan.

Anything to declare?
Anything to declare adalah pertanyaan yang diajukan oleh petugas bea dan cukai, “Apakah kisanak membawa benda-benda seperti alkohol dan rokok?”.

Baggage Tag
Baggage Tag artiny adalah dokumen yang diterbitkan oleh perusahaan penerbangan untuk memberi tanda bagasi penumpang. Hal ini juga untuk memberi tanda tertentu pada bagasi tersebut. Pada baggage tag diberi nomor sesuai dengan nomor yang ditempelkan pada tiket penumpang.

Boarding Pass
Boarding Pass artinya adalah kartu yang diberikan kepada penumpang sebelum naik pesawat. Penumpang yang telah memegang boarding pass, menandakan proses check-in telah selesai dilakukan, dan siap untuk naik pesawat sesuai dengan kelas, kompartemen, dan nomor tempat duduk.

Booking
Booking artinya adalah proses pemesanan dan pembelian tiket.

Cabin Attendant
Cabin attendant artinya adalah penjaga kabin atau cabin crew atau lebih dikenal dengan nama pramugari atau pramugara.

Climbing
Climbing artinya adalah saat pesawat sedang terbang naik.

Connecting Flight
Connecting Flight artiny adalah pergantian pesawat lain atau menggunakan airline lain saat transit.

Child
Child artinya adalah anak usia 2 – 12 tahun.

Check-in luggage
Check-in luggage artinya adalah tas yang disimpan di bagian kargo dalam pesawat.

Carry-on luggage
Carry-on luggage artinya adalah tas yang dibawa oleh penumpang ke dalam kabin pesawat.

Departure
Departure artinya adalah keberangkatan.

Descending
Descending artinya adalah pesawat sedang terbang turun.

Dangerous Good
Dangerous Good artinya adalah barang-barang yang termasuk dalam daftar membahayakan keselamatan penerbangan.

Destination
Destination artinya adalah kota tujuan terakhir, biasanya yang paling jauh dikunjungi oleh penumpang (jika penumpang melakukan penerbangan dengan transit).

Direct Flight
Direct Flight artinya adalah penerbangan antara dua kota yang akan dikunjungi tanpa harus melakukan suatu pemberhentian (transit).

Fare
Fare artinya adalah jumlah biaya yang dibebankan kepada penumpang beserta barang bawaannya yang diterbitkan secara umum kepada publik berdasarkan jenis kelas.

Go Show
Ticket Go Show artinya adalah penumpang yang belum memesan tiket sebelumnya dan bermaksud untuk pergi menggunakan pesawat dengan datang langsung ke bandara.

Infant
Infant artinya adalah bayi usia 0 – 24 bulan.

Landing
Landing artinya adalah pesawat mendarat.Metals
Metals artinya adalah benda-benda seperti perhiasan, uang logam, gasper sabuk celana dan kunci.

No Show
No Show artinya adalah penumpang yang telah melakukan booking, namun tidak menggunakan hak-nya atau tidak muncul saat jadwal penerbangan miliknya.

Passenger
Passenger artinya adalah setiap penumpang dalam pesawat kecuali awak kabin.

Ticketing Time Limit
Ticketing Time Limit artinya adalah batas waktu konfirmasi pemesanan tiket oleh penumpang.

Transit
Transit artinya adalah pemberhentian antara kota keberangkatan dan tujuan. Bisa satu kota atau lebih.

Over Baggage
Over Baggage artinya adalah kelebihan barang bawaan. Jika mengalami over baggage, maka akan dikenai biaya tambahan.

Check in
Check in artinya adalah pendaftaran ulang calon penumpang yang sudah mempunyai tiket pesawat. Pada saat check in, kamu bisa memilih kursi pesawat kamu. Check in dilakukan untuk memperoleh boarding pass.

Divert
Divert artinya adalah pengalihan pendaratan. Biasanya, divert terjadi karena cuaca buruk atau hal yang berkaitan dengan teknis sehingga pesawat tidak memungkinkan untuk mendarat di tempat tujuan.

Security check
Security check artinya adalah petugas pemeriksaan keamanan. Petugas menggunakan peralatan khusus untuk memeriksa calon penumpang pesawat.

Pay Tax
Pay Tax artinya adalah pajak untuk negara baik skala domestik maupun internasional yang harus dibayarkan saat membeli tiket pesawat.

Take off
Take off artinya adalah pesawat akan terbang meninggalkan landasan. Pada saat take off, kamu wajib mengenakan safety belt.

Safety belt
Safety belt artinya adalah sabuk pengaman.

RON (Run Over Night)
RON (Run Over Night) artinya adalah suatu maskapai harus menginap semalam di bandara karena sesuatu hal.

Runaway
Runway artinya adalah landasan pesawat untuk landing atau take off.

Passport
Passport artinya adalah dokumen resmi yang dikeluarkan suatu negara kepada warganya untuk melakukan perjalanan ke luar negeri.

Visa
Visa artinya adalah tanda izin “boleh berkunjung” yang diberikan kepada penduduk suatu negara. Jika akan mengunjungi negara lain, maka diperlukan “izin masuk”. Tidak semua negara memberlakukan visa.
Kisanak harus mengurus pembuatan izin masuk atau visa di kedutaan negara yang dituju. Misal kamu mau jalan-jalan ke Mesir, maka kamu harus mengurus perijinan masuk atau visa di Kedutaan Mesir di Indonesia.

Gravatar Image
Belajar dan berusaha untuk berguna bagi sesama | Saling berbagi yuk