microsleep
Mengantuk kurang tidur - microsleep

Safety : Kenali Microsleep Saat Perjalanan Jauh – Tertidur Beberapa Detik

Posted on

Microsleep | Kondisi microsleep adalah episode singkat dari tidur yang bisa berlangsung dari 1 detik hingga 30 detik. Microsleep terjadi pada saat kantuk dan pada umumnya tanpa peingatan. Tidur sangat nyenyak. Seringkali orang yang terkena microsleep bahkan tidak sadar mereka baru saja mengantuk.

Ingat donk, beberapa detik saja tertidur saat berkendara, bisa berakibat fatal terhadap keselamatan di jalan raya. Microsleep bisa terjadi saat mata masih melek. Nah, bagi yang suka masuk jalan Tol, info ini juga perlu diperhatikan lho.

cari aman honda
Lebih baik cari_aman dalam berkendara di jalan raya – safety first

#Microsleep #Cari_Aman #TipsJalan #PerjalananJauh

Penyebab microsleep

Microsleep disebabkan oleh kantuk, rasa capek karena melakukan aktivitas seperti menonton TV atau mengemudi di jalan yang lurus. Semakin mengantuk yang dirasakan, maka semakin kemungkinan besar mengalami microsleep.

Menurut Prof. Dr. Willian Dement – Pakar penelitian tidur dari Amerika. Saat merasa mengantuk, beberapa bagian otak sebenarnya mulai tertidur bahkan saat dalam kondisi masih tergaja. Ini adalah fenomena yang dikenal sebagai tidur lokal dan itulah yang menyebabkan efek kurang tidur.

Cara cegah microsleep

Jika mengantuk saat berkendara, berhenti dan beristirahatlah . Tidur sejenak tidak lebih dari 20 menit (nap power). Ini adalah cara yang efektif dan cepat untuk membuat kondisi badan terasa lebih segar.

Fakta microsleep

Microsleep dituding sebagai salah satu faktor penyebab terjadinya beberapa bencana besar di dunia.

Tanda tanda microsleep

  1. Tatapan mata kosong.
  2. Menjatuhkan kepala dan menyentakkannya kembali lagi.
  3. Mata sering berkedip.
  4. Tiba tiba tubuh tersentak (hyptic)
  5. Tidak mampu mengingat menit terakhir
Gravatar Image
Belajar dan berusaha untuk berguna bagi sesama | Saling berbagi yuk