Syarat Menjadi Pilot Yang Biasa Diterapkan Di Indonesia

Posted on

#FlyingSchool #PilotLicense #TypeRating #PilotIndonesia

Syarat menjadi pilot | Menjadi pilot memang banyak yang harus di lalui. Banyak syarat untuk menjadi calon penerbang. Yang pasti, menjadi pilot tidak harus tinggi badannya.

syarat menjadi pilot
syarat menjadi pilot

Berikut syarat menjadi pilot yang umum biasa diterapkan di Indonesia ;

  • Lulus flying school.
  • Biasanya akan menargetkan minimal panjang kaki dari pangkal paha 100cm
  • Lulus tes kesehatan meliputi jantung, mata dll.
  • Lulus test bahasa inggris yang diadakan flying school tersebut.(bahasa inggris sangat menentukan)
  • Menguasai pengetahuan umum Penerbangan.
  • Cepat dalam berkalkulasi matematik dan fisika.
  • Tentu saja memegang license altitude test (PPL, CPL, IR, ME, ATPL, VFR) dan sesuai dengan type rating pesawat.

Pilot mempunyai beberapa tingkatan ijin. Ini terkait dengan kemampuan dan jam terbang pilot bersangkutan. Secara umum license pilot terdiri dari PPL, CPL, ATPL.

PPL (Private Pilot License)
PPL adalah lisensi paling dasar bagi pilot. Pemegang lisensi ini diperkenankan menerbangkan pesawat untuk kepentingan sendiri dan tidak diperbolehkan membawa penumpang dan dibatasi pada pesawat bermesin tunggal. Selain itu pilot yang hanya mempunyai lisensi PPL hanya diperkenankan terbang pada siang hari dan tidak terbang untuk dibayar (non komersial). Di Indonesia PPL mensyaratkan jam terbang sejumlah 60 jam terbang.

CPL (Commercial Pilot License)
Pemegang lisensi CPL diperkenankan menerbangkan pesawat bermesin tunggal, diperkenankan membawa penumpang (berbayar atau tidak) dan diperkenankan untuk penerbangan komersial tanpa kru (sebatas pada penerbangan baliho, penyemprotan kebun, pemadaman api, pesawat sewaan, laporan lalulintas, pemotretan udara bahkan instruktur terbang). Selain itu juga diperkenankan untuk terbang pada malam hari. CPL adalah syarat minimal pilot komersial. Di Indonesia CPL mensyaratkan 200 jam terbang.

ATPL (Airline Transport Pilot License)
ATPL adalah tingkatan tertinggi kemampuan pilot. ATPL disyaratkan untuk pilot yang bekerja di airline dengan penerbangan terjadwal. Pilot pemegang lisensi ini juga diperkenankan menerbangkan pesawat dengan kru (dua kru atau lebih), pesawat dengan penumpang/kargo besar. ATPL mensyaratkan 1500 jam terbang. Selain lisensi, seorang pilot biasanya juga memiliki sertifikat rating untuk menunjukkan kualifikasi tertentu yang dimiliki pilot bersangkutan. Rating ini meliputi ME, IR, dan rating untuk tipe pesawat. Kualifikasi

ME (Multi Engine)
Kualifikasi lisensi ini diperlukan jika pilot akan menerbangkan pesawat dengan mesin ganda.

IR (Instrument Rating)
kualifikasi diperlukan pada penerbangan malam atau penerbangan ada jalur IFR (Instrument Flight Rule). Jalur IFR adalah jalur penerbangan yang tidak bisa dilakukan dengan navigasi visual (misalnya penerbangan lintas samudra), melainkan dengan bantuan beacon radio di darat. Sedangkan pada penerbangan visual atau dikenal dengan

VFR(Visual Flight Rule)
pilot bisa mengandalkan gunung, danau, sungai, gedung sebagai bantuan navigasinya. Masih ada Type Rating, yaitu kualifikasi khusus untuk menerbangkan jenis pesawat tertentu. Misalnya pilot yang biasa menerbangkan pesawat keluaran airbus (seri A340-200, 300, 500, 600) harus meratifikasi lagi kualifikasinya jika akan menerbangkan pesawat Boeng meski seri 737-200. Jadi menjadi seorang pilot tidak bisa dengan cara yang cepat dan gampang. Kualifikasi dan kemampuan yang tinggi tetap diperlukan.

Dari sekian syarat menjadi pilot, banyak yang bertanya apakah menjadi pilot harus tinggi ? FYI, pada sekolah pilot yang ada di Indonesia, memang ada persyaratan tinggi badan minimum untuk menjadi penerbang. Pria minimal 165cm dan untuk wanita 160cm. Toh, tempat duduk pilot di atur maju mundur layaknya jok mobil.

Kalau menurut saya, bisa disimpulkan selama si calon penerbang yang ingi menjadi pilot ini kakinya mampu menginjak rudder pedal dan mampu mengendalikan dengan baik dan matanya dapat melihat dengan jelas apa yang ada di depannya, baik instrument atau visual yang ada di luar dan tangannya mampu melakukan kerja di cockpit tanpa mengalami kesulitan, maka orang ini memungkinkan untuk menjadi pilot.

Baca juga artikel yang membahas tentang Ucapan Kata Have a Safe Flight Artinya Serasa Doa Dan Harapan yang masih ada kaitannya neh.

Gravatar Image
Belajar dan berusaha untuk berguna bagi sesama | Saling berbagi yuk