Autopilot Control System Pada Autopilot Pesawat Terbang

Posted on

#Autopilot #ControlSystem #AircraftSystem

Autopilot control system | Autopilot merupakan salah satu contoh dari sistem kontrol. Sistem kontrol bertindak berdasarkan pada pengukuran dan hampir selalu memiliki dampak pada nilai yang diukurnya.

Pada autopilot control system, cara pengendali penerbangan otomatis bekerja dengan cara loop tertutup.

loop control system autopilot

Contoh control system pada single-axis autopilot yang juga disebut dengan wing leveler seperti yang telah dikemukakan diatas.

  1. Pilot mengatur mode pengendalian untuk menjaga posisi sayap pada suatu level tertentu.
  2. Bagaimanapun atau walaupun dalam keadaan udara yang tenang, sayap pesawat akan turun.
  3. Sensor yang terletak di sayap akan mendeteksi penurunan sayap ini dan kemudian mengirim signal ke komputer autopilot.
  4. Komputer autopilot memproses data dan menyatakan bahwa sayap pesawat tidak lagi berada pada level yang diinginkan.
  5. Komputer autopilot mengirim signal ke servo untuk mengendalikan aileron pesawat. Signal yang dikirim merupakan sebuah perintah yang sangat spesifik yang memerintahkan servo untuk membuat suatu penyesuaian yang tepat.
  6. Setiap servo memiliki sebuah motor elektrik kawat kabel untuk menarik kabel aileron. Ketika kawat kabel tersebut bergerak bagian kendalipun akan ikut bergerak mengikuti arah pergerakan kawat kabel.
  7. Karena aileron disesuaikan berdasarkan pada data input, sayap pesawat akan bergerak kembali ke level semula.
  8. Komputer autopilot menghapus perintah ketika sensor yang terletak di sayap pesawat mendeteksi bahwa sayap telah berada pada level yang diinginkan lagi. Inilah canggihnya autopilot control system.
  9. Servo berhenti menggunakan tekanan terhadap kawat kabel aileron untuk menggerakkan sayap pesawat.

Loop seperti yang ditunjukkan pada diagram blok diatas bekerja secara kontinyu selama beberapa kali dalam satu detik melibatkan banyak prosesor untuk mengendalikan banyak bagian kendali.

Bahkan beberapa pesawat terbang memiliki komputer pendorong otomatis (autothrust computers) untuk mengendalikan gaya dorong mesin. Sistem autopilot dan sistem autothrust mampu bekerja bersama-sama untuk melakukan manuver-manuver yang sangat kompleks.

Baca juga donk artikel yang membahas tentang Prinsip Cara Kerja Autopilot Pada Pesawat Udara ya.

Gravatar Image

Belajar dan berusaha untuk berguna bagi sesama | Saling berbagi yuk