System Autopilot Pada Pesawat Terbang

Posted on

#Autopilot #System #TerbangOtomatis #Aircraft

System autopilot | Pilot otomatis (dari bahasa Inggris: autopilot) adalah sistem mekanikal, elektrikal, atau hidrolik yang memandu pada sebuah kendaraan tanpa campur tangan dari manusia.

Umumnya pilot otomatis dihubungkan dengan pesawat, tetapi pilot otomatis juga digunakan di kapal dengan istilah yang sama.

Sekarang ini, autopilot merupakan sistem yang sangat mutakhir yang mampu melakukan tugas yang sama selayaknya seorang pilot yang sudah sangat terlatih. Pada kenyataannya untuk beberapa prosedur dan rutinitas penerbangan, autopilot bahkan lebih baik dari pada sepasang tangan manusia.

System autopilot tersebut dapat menerbangkan pesawat secara lurus dan rata menurut arah kompas tanpa campur tangan pilot, sehingga mencakup 80% dari keseluruhan beban kerja pilot dalam penerbangan secara umum. Sistem pilot otomatis lurus dan rata ini masih umum sekarang ini, lebih murah dan merupakan jenis pilot otomatis yang paling dipercaya.

Sistem tersebut juga memiliki tingkat kesalahan terkecil karena kontrolnya yang tidak rumit. Awak pesawat yang bekerja di dalam pesawat Boeing 777 hanya mengawasi dan mengecek sistem autopilot, karena semua peralatan beroperasi secara otomatis.

gerakan pesawat terbang

System autopilot tidak hanya membuat penerbangan menjadi lebih lancar tetapi juga lebih aman dan lebih efisien. Autopilot menghubungkan indikator ketinggian menggunakan gyroscope dan compass magnetic ke rudder, elevator dan aileron.

Baca juga artikel yang membahas tentang Vacuum Gauge Atau Suction Gauge Pada Instrument Pesawat Terbang ya.

Gravatar Image

Belajar dan berusaha untuk berguna bagi sesama | Saling berbagi yuk